[Movie] A Separation (2011)

Title : A Separation (Jodaeiye Nader az Simin) | Year : 2011 | Genre : Drama| Cast : Peyman Moadi, Leila Hatami, Sareh Bayat, Shahab Hosseini, Sarina Farhadi, Kimia Hosseini| Director : Asghar Farhadi | Rate :

Secara tiba-tiba Simin (Leila Hatami) meminta cerai dari sang suami, Nader (Peyman Moadi). Mereka sebenarnya adalah pasangan yang cukup harmonis dengan anak yang masih berumur 11 tahun, Tarmeh (Sarina Farhadi). Namun siapa sangka, akibat setelah perceraian mereka menimbulkan konflik yang menyeret Nader ke pihak berwenang setelah dituduh membunuh anak yang ada di kandungan Razieh (Sareh Bayat). Suami Razieh, Hodjat-pun (Shahab Hosseini) akhirnya masuk dalam lingkaran permasalahan mereka.

A Separation kalau gue bilang adalah film dengan kekuatan drama yang bagus. Pembelajaran yang ingin disampaikan oleh penulis sekaligus sutradara adalah efek domino yang timbul dari sebuah perceraian yang kadang bisa membahayakan orang lain. Gak pernah terfikir bahwa film drama dengan tema sesimple ini bisa menjadi menarik dan twist yang baik.

Meski dengan durasi yang cukup panjang, film ini tidak melulu mengandalkan kekhasan film drama, yaitu dialog yang bertele-tele dan cenderung membosankan. Konflik yang tertata rapih hingga ending dan emosi dari para aktor yang bagus, salut untuk akting Shahab Hosseini yang mampu menampilkan seorang laki-laki desperate namun tetap bertanggung jawab dengan cara dia.

Dari film ini juga, gue bisa melihat bagaimana kehidupan normal masyarakat Iran yang masih mengagungkan nilai syariat agama dan kesopanan. Tak heran, film ini mampu menjadi film asing terbaik digelaran Golden Globes tahun ini. [10/2012]

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s