[Movie] Sampai Ujung Dunia (2012)

Title : Sampai Ujung Dunia | Year : 2012 | Genre :  Drama | Cast : Dwi Sasono, Gading Marten, Renata Kusmanto, Roy Marten, Sujiwo Tedjo, Sita Nursanti, Chintami Atmanegara, Tutie Kirana, Iwa K, Deddi Mahendra Desta | Director : Monty Tiwa | Rate :

Jalinan persahabatan Daud (Dwi Sasono -Mengejar Mas-Mas, Mendadak Dangdut), Gilang (Gading Marten) dan Annisa (Renata Kusmanto.) beranjak ke tahap yang tak menyenangkan. Cinta di antara mereka bertiga seketika merusak persahabatan yang sudah mereka jalin sejak mereka berumur 10 tahun. Annisa yang sakit-sakitan menjadi concern bagi Daud dan Gilang, tapi egoisme remaja mereka membuat Annisa terpaksa memberikan ultimatum kepada mereka berdua. Siapapun yang bisa mengajak Annisa ke Belanda untuk menemui sang ibu, maka dialah yang akan Annisa pilih menjadi cintanya, pendampingnya. Syaratnya tak mudah, Daud dan Gilang terpaksa masuk ke institut pelayaran dan penerbangan untuk mewujudkan keinginan Annisa itu.

Sejak Mendadak Dangdut, Monty Tiwa sudah menjadi daftar Sutradara yang film-filmnya paling tidak harus gue tonton, kemudian dia menghentak saat menyajikan Mengejar Mas-Mas. Kini dia kembali dengan cerita yang manis dengan balutan berbeda.

Sampai Ujung Dunia jelas bukanlah film yang hanya bermodalkan cerita drama percintaan dan persahabatan thok, ada yang lebih ditonjolkan oleh Monty disini, keindahan scene Belanda, kerasnya pendidikan kelautan dan udara yang digambarkan dengan sangat baik. Secara cerita sendiri ada beberapa bagian cerita yang menurut gue masih perlu improvisasi lebih, tapi ada bagian lain yang sangat baik dan kuat. Segi penokohanpun dimainkan dengan sangat baik oleh Dwi Sasono, dia memang tak pernah mengecewakan gue setiap dia berakting dalam film-filmnya. Ibaratnya, Dia adalah Garry Oldman-nya Indonesia, bisa berpindah-pindah menjadi karakter yang diinginkan sutradara namun dia bisa mengeksekusinya dengan baik.

Mungkin, satu-satunya yang sangat disayangkan adalah pemilihan Gading Marten sebagai pilot yang sayang sekali gesture-nya kurang meyakinkan, meski Gading bukanlah aktor yang buruk dia bisa bermain baik saat masa SMA di film ini. Begitu juga dengan Renata Kusmanto, sedikit di bawah Gading, jika diperingkatkan dari segi akting ketiga tokoh ini.

I must say, Sampai Ujung Dunia is simply beautiful in scene and part of story.[40/2012]

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s