[Movie] Finding Srimulat (2013)

032. FindingSrimulay
Title : Finding Srimulat | Year : 2013 | Genre : Comedy| Cast : Reza Rahadian, Rianti Cartwright, Gogon, Djudjuk Djuwariah, Kadir, Mamiek Prakoso, Nunung Srimulat, Tarsan, Tessy, Nadila Ernesta, Fauzi Baadillah, Mongol Stress, Ray Sahetapy, Adi Kurdi, Nungky Kusumastuti| Director : Charles Gozali| Rate :

 Perhatian : Mungkin dari beberapa bagian di review ini mengandung spoiler

Srimulat, sebuah nama besar di panggung hiburan Indonesia. Mereka adalah kumpulan komedian-komedian yang patuh terhadap pakem komedi yang terus dijunjung sampai saat ini. Tak ada perkumpulan pelawak sekuat Srimulat bahkan Srimulat adalah trendsetter pelawak-pelawak Indonesia masa kini. Ide Charles Gozali untuk mengembalikan pakem komedi ke dalam sebuah film dengan menggandeng nama besar Srimulat sebenarnya cukup beresiko. Jika gagal maka Srimulat akan semakin tenggelam, namun jika berhasil maka bisa saja Srimulat akan kembali merajai panggung hiburan tradisional Indonesia.

032. FindingSrimulatcap

Finding Srimulat memiliki dasar cerita yang sangat simple. Seorang pemuda yang ‘mengalah’ dengan pekerjaannya kemudian beresiko membangkitkan Srimulat setelah dia bertemu dengan Kadir, salah satu personil Srimulat. Adi (Reza Rahadian -Emak Ingin Naik Haji, Perahu Kertas), nama pemuda itu bahkan sampai rela melakukan apapun demi Srimulat bisa kembali eksis. Maka Adi dan Kadir memutuskan untuk bertemu dengan Mamiek dan Tessy, mereka berempat memulai ‘petualangan’ menemukan kembali Srimulat yang telah lama vakum, memiliki show sendiri dan berhasil. Namun cita-cita Adi bukanlah cita-cita polos yang mulus-mulus saja. Selalu ada rintangan dalam menghadapinya.

Gempita Finding Srimulat di dunia media sosial terasa saat beberapa orang ada yang pro dan kontra dengan premise yang dibawakan. Ada yang menuduh menjiplak –mungkin bertujuan baik dan ada yang ngotot bahwa film ini adalah film komedi yang mempesona. Bagi saya? Ah saya hanya sekedar penonton film yang menikmati filmnya. Saya seperti masuk ke pintu waktu, dikembalikan ke masa dimana saya menunggu-nunggu Srimulat tampil di TV, menutup mata saat drakula buatan muncul dan kemudian tertawa lepas tanpa beban. Masa-masa itu menjadi kenangan manis saat kita tahu bahwa Srimulat bukan hanya icon pelawak Indonesia namun budaya Indonesia yang hilang.

Menonton Finding Srimulat selain mengembalikan kenangan manis masa kecil adalah keinginan yang menggebu-gebu untuk mengunjungi Solo, kota yang nampaknya bersahaja.[032/2013]

About these ads

One thought on “[Movie] Finding Srimulat (2013)

  1. Pingback: Catatan Film Indonesia 2013 | SO-CALLED REVIEWER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s