[Review] Ip Man (2008)

Kalau difikir-fikir udah lama gue gak nonton film martial arts. Terakhir? guepun gak inget. Agak bosan dengan genre ini akhir-akhir ini. Tapi, temen merekomendasikan film ini lain daripada film martial arts biasanya. Well, bisa jadi benar dan bisa jadi juga temen gue salah. Ip Man adalah film martial arts yang digabung dengan sejarah China, mungkin itu bedanya. Cerita tentang legenda kungfu China yang bahkan menurut berita dia adalah guru dari Bruce Lee sebenarnya. Master Ip (Donnie Yen) hidup berkecukupan dan punya kungfu yang luar biasa. Namun, dengan kerendahan hatinya dia tak mau membuka perguruan dengan alasan kungfu dipakai bukan untuk dipertontonkan. Bahkan, setiap ada yang meminta Master Ip duel, dia lebih memilih di ruangan tertutup dan hanya antara dia dan lawannya.

Sejarah berkata lain, China tahun 30-an harus takluk ditangan Jepang. Master Ip-pun mendadak menghilang dan bersembunyi dari tentara Jepang demi keluarganya. Namun, takdir berkata lain Master Ip harus tetap membela bangsanya dengan kungfunya. Duel dengan petinggi Jepang-pun terjadi Kungfu vs Karate.

Gue sangat terhibur dengan setiap adegan duel di film itu. Ceritanya sendiri ada yang bilang memang based on true events hanya ditambahi fiksi agar terlihat lebih komersil dan menghibur. Layaknya film-film martial arts disini ada dendam, duel dan keluarga. Film yang cocok untuk mengingat betapa dulu film-film dengan jenis ini sangat digandrungi kawula muda.

Movie Info :

Title : Ip Man

Cast : Donnie Yen, Simon Yam

Director : Wilson Yip

Rate : 3.5/5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s