[Review] The Blind Side (2009)

Sebuah kisah inspiratif yang membuat gue berfikir bahwa sesungguhnya masih banyak orang di dunia yang peduli satu sama lain tanpa melihat perbedaan  ras, suku atau bahkan agama. The Blind Side adalah contoh film tanpa menggurui namun memperlihatkan plot rapih dan kuat dikemas secara sederhana. Terkadang, film yang didasari oleh kisah nyata memang diberi bumbu komersial yang membuat film menjadi lebih menarik. Tapi, tanpa menambahkan itu film  ini berjalan natural dan sangat mirip dengan realita.

Kisah diawali dari Leigh Anne Tuohy (Sandra Bullock) dan sekeluarga yang menonton pertandingan volly karena anaknya, Collins (Lily Collins) bermain disitu. Kemudian sang ayah Sean Touhy (Tim McGraw) melihat sosok anak kulit hitam, menyendiri dan sedang membersihkan lapangan. Namanya Michael Oher (Quinton Aaron). Sean yang seorang mantan pemain basket melihat potensi dari Mike, diapun berencana mengambil Mike menjadi pemain basket. Namun, Leigh Anne sang ibu malah menginginkan Mike sekolah, karena sebelumnya Mike putus sekolah akibat nilai yang tak mencukupinnya masuk ke sekolah lanjutan. Maka jadilah Mike bersekolah bersama Collins dan SJ (Jae Head). Mike pada akhirnya menjadi bagian dari keluarga Touhy, dia menjadi kebanggaan tim Rugby sekolahnya karena badannya yang besar. Kehidupan Mike berubah dari anak yang tak mampu dan tinggal di panti asuhan menjadi bagian dari keluarga kaya dan baik hati.

Mike menjadi sangat populer dan banyak universitas yang menginginkan Mike menjadi muridnya atas dasar permainan rugby yang dia geluti. Namun sayang masalah Mike adalah nilai yang tak cukup. Leigh Anne tak putus asa, dia meminta Mrs. Sue (Kim Dickens) untuk mengajari Mike secara private, hingga akhirnya dia lulus dengan nilai cukup. Kemudian, NCAA mengundang Mike dan bertanya atas pilihannya ke Ole Miss, universitas yang juga merupakan tempat Leigh Anne dan Sean berkuliah. Petugas NCAA menganggap keluarga Tuohy menyetir kehidupan Mike dan memutuskan segala yang Mike lakukan. Mikepun mulai terpengaruh atas omongan petugas itu, hingga Mike sadar bahwa yang Anne lakukan adalah demi kebaikan dirinya.

Dua jam dengan cerita sesederhana ini mungkin terlalu lama, namun gue dimanjakan dengan cerita yang kuat dan cast yang bagus. Sandra Bullock memang pantas mendapatkan Oscar untuk perannya disini, dan yang mencuri perhatian adalah akting Jae Head sebagai SJ yang sangat natural dan lucu. Kisah keluarga yang benar-benar memberikan inspirasi tentang bagaimana keluarga itu saling membantu dan memecahkan masalah dengan cara keluarga.

Movie Info :

Title : The Blind Side

Cast : Sandra Bullock, Tim McGraw, Lilly Collins, Jae Head, Quinton Aaron

Director : John Lee Hancock

Rate : 4/5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s