[Review] The Imaginarium of Doctor Parnassus (2009)

Doctor Panassus (Christopher Plummer) adalah pimpinan dari rombongan theater jalanan di London. Rombongan yang berisikan Valentina (Lily Cole) anaknya, Anton (Andrew Garfield) dan Percy (Verne Troyer). Mereka mencoba mencari peruntungan dengan pertunjukkan unik dan menarik. Dalam aksinya ada sebuah cermin yang katanya bisa membawa orang menuju mimpinya. Yang pasti impian seseorang itu dirancang oleh Parnassus. Awalnya pertunjukkan itu sepi peminat, kemudian hadir Tony (Heath Ledger/Johnny Depp/Jude Law/Colin Farrell) seorang yang putus asa dan telah bunur diri tapi diselamatkan oleh rombongan itu. Tony sendiri memilik “bakat” sebagai orang yang sangat komunikatif dan penghasut handal. Hasilnya, pertunjukkan Parnassus laku.

Parnassus sendiri punya masa lalu yang kelam yang bisa merusak masa depannya. Saat dia bertemu dengan mendiang istrinya dulu, sebenarnya Parnassus sudah berumur lanjut. Namun karena rasa cintanya dia meminta bantuan kepada Mr. Nick (Tom Waits) sosok setan berjubah manusia dan mengadakan perjanjian bahwa Parnassus bisa immortal dengan syarat anaknya harus diserahkan kepada Nick saat dia berusia 16 tahun. Semua cerita masa lalu itu membuat Parnassus panik, umur Val sudah 16 tahun dan tepat jam 12 malam dia harus menyerahkan Val kepada Nick. Tony membantu menyelamatkan Parnassus sebisa mungkin meskipun pada akhirnya terbongkar bahwa sebenarnya Tony bukanlah orang baik.

Film terakhir dari Heath Legder ini sangat luar biasa dalam hal visualisasi dan efek. Ceritanya sebenarnya biasa saja, bahkan agak mirip legenda Timun Mas. Ledger memang bisa mengekplorasi karakter Tony dengan baik dan bahkan hampir semua pemain disini bermain bagus. Kisah imajinasi yang cukup menarik, tak usah melihat ceritanya, nikmati saja imajinya.

Movie Info :

Title : The Imaginarium of Doctor Parnassus

Cast : Heath Ledger, Christopher Plummer

Director : Terry Gilliam

Rate : 3/5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s