[Review] Legion (2010)

Konsep Tuhan-Malaikat di sebuah film memang tergantung dari siapa dibuat dan dipandang dari sisi tertentu. Legion adalah sebuah film yang bisa saja menjadi kontroversial jika mampu menyajikan fakta yang entah kebenarannya seberapa besar. Namun sayang sutradara maupun produser (dan penulis) tidak melihat hal itu sebagai jualan mereka. Ceritanya masuk ke area absurd menurut pendapat gue. Dua malaikat berseteru kemudian bertarung di bumi, merusak bumi hanya karena mereka saling mengklaim bahwa mereka adalah yang dipercaya oleh Tuhan untuk sebuah misi.

Film berdurasi 100 menit ini terasa sangat biasa dilalui tanpa meninggalkan sebuah pretensi bahwa film ini adalah film tentang bagaimana manusia mulai kendur kepada keyakinan terhadap Tuhan dan Malaikat. Dan kemudian dimana dua Malaikat yang berbeda pendapat saling berseteru dengan tujuan yang belum pasti. Tak diceritakan bagaimana dan apa maksud dari inti film ini. Menyelamatkan atau memusnahkan satu-satunya bayi yang dianggap sebagai pengharapan. Kenapa bayi itu bersarang di tubuh seorang pelayan yang bahkan tak menghendaki anak itu karena dia juga tidak menikah. Konsep “kesucian” seolah-olah dihilangkan di film ini, sehingga baik di langit maupun dibumi juga ada kekacauan dan pengkhianatan.

Untung saja film fiksi yang tak menyentuh sedikitpun sebuah keyakinan. Anggap saja, ini adalah pertarungan dua sahabat lama yang terpaksa bertarung karena sudah tidak sejalan lagi.

Movie Info :

Title : Legion

Cast : Paul Bettany, Dennis Quiad

Director : Scott Stewart

Rate :

One comment

  1. Yogi · May 24, 2010

    wah krg bagus ya gan? Untung gw blom nonton dvdripnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s