[Review] My Name is Khan (2010)

Terakhir kali gue nonton film India dengan sutradara orang India dan benar-benar film India itu tahun 2002-an kalau gak salah. Koi Mil Gaya judulnya, setelah itu tren perkembangan film India yang cenderung bertema drama biasa membuat gue agak malas mengikutinya. Lalu muncul dua film India yang menghebohkan industri perfilman holywood, salah satunya adalah My Name Is Khan

Bercerita tentang Rizvan Khan (Shahrukh Khan) seorang penderita autis, muslim dan sangat cerdas. Dia mencoba membuka kehidupan barunya di Amerika setelah sang ibu meninggal, sebelumnya adiknya sudah lebih dahulu di Amerika. Sampai disana, benturan budaya, pengucilan dirinya sebagai muslim sangat terasa. Hingga kejadian 9/11 yang membuat pemikiran orang barat tentang muslim dan Islam yang salah. Namun, Khan berusaha membalikkan pola pikir mereka dengan cara dia sendiri, cara yang tak biasa dan menyentuh. Meskipun dia beristrikan yang beragama Hindhu, dia mencoba menjaga toleransi itu. Mandira (Kajol) sang istri yang dulunya menikah dan mempunyai anak Sam. Bahkan, ketika Rizvan menikahi Mandira, Sam memutuskan untuk menjadi muslim seperti sang ayah. Keputusan Sam yang fatal karena sering dikerjai oleh teman-teman sekolahnya hingga maut merenggut Sam. Mandira jelas menyalahkan Rizvan, dia memberi tantangan kepada Rizvan, bahwa dia tak boleh kembali ke rumah sampai dia bertemu dengan Presiden Amerika dan mengatakan bahwa dia bukanlah teroris.

Rivan menganggap itu sebagai sebuah amanah, maka perjalanan diapun dimulai, sepanjang perjalanan dia menemukan sebuah perjalanan kehidupan yang keras dan kenyataan yang benar-benar terjadi.

Film ini menggugah kesadaran toleransi umat beragama, tak ada yang menggurui dan digurui di film ini. Film ini menampilkan bawha semua agama tak mengijinkan perang dan kekerasan. Awalnya film ini bikin gue bosan dengan cerita yang biasa saja, menurut gue. Namun, perjalanan Khan dan menembus semua perbedaan membuat film ini makin menarik hingga akhir. Sedikit annoying karena hampir 90% menggunakan bahasa India, meskipun settingnya jelas-jelas di Amerika. Well, Good Drama, Good Actor and Good Director. Chemistry Khan-Kajol memang kuat!.

Movie Info :

Title : My Name is Khan

Cast : Shah Rukh Khan, Kajol

Director : Karan Johar

Rate :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s