[Review] Cinta Setaman (2008)

Cinta#1 – Kado Istimewa
Leon (Ibrahim Leon) seorang anak putus sekolah yang sangat mengingkan sepatu roda, dia mengais rupiah menjadi anak pembawa barang-barang dagangan orang. Mpok Sundari (Julia Pérez) adalah orang yang sering memberikan uang jasa kepada Leon.

Cinta#2 – Stribucks Mentok
Aa dan Adek (Nicholas Saputra dan Dennis Adhiswara) adalah dua bersaudara penjaga lapak DVD. Satu hari Adek ingin sekali minum kopi di Stribucks sebuah cafe dekat lapak mereka. Namun, Aa mengatakan itu sebuah pemborosan. Namun dengan tekat yang kuat Adek akhirnya bisa minum kopi mahal itu.

Cinta#3 – Seks, Cinta dan Pendidikan Moral Pancasila
Ratih (Nadia Vela) anak SMP yang haus akan informasi seks. Dia malah mendapatkan dari ibunya, Nita (Djenar Maesa Ayu) seorang penjaja seks yang sering membawa tamunya ke rumah. Ratihpun akhirnya mencoba merayu guru PMP-nya (Lukman Sardi) untuk melakukan hubungan seks.

Cinta#4 – Moshi Moshi
Suzuki (Nobuyuki Suzuki), seorang Jepang yang gagal dalam percintaan dan karir. Dia memilih hengkang dari karir dan Jepang hanya demi seorang pramuria karaoke, Sukaesih (Atiqah Hasiholan). Suzuki bahkan sudah siap hidup berumah tangga dengan Sukaesih, namun rupanya Suzuki dibohongi oleh wanita itu dan ditinggalkan.

Cinta#5 – Yang Terindah
Rahman (Surya Saputra), terobsesi menjadi sutradara program televisi. Dia miskin dan banyak anak, istrinya (Davina) sangat membenci Rahman karena tak kunjung mendapatkan kerja. Hingga hidup Rahman hanya bermimpi dan bermimpi.

Cinta#6 – Walaikum Salam
Nilma (Marsha Timothy) anak tunggal dari Abah (Slamet Rahardjo) kesulitan keuangan, sang pengontrak rumahnya memaksa Nilma untuk mengembalikan uang kontrakan karena tak puas, TK-nya terkena musibah, hingga kesulitan lain datang. Abahnya meminta restu pada dirinya untuk menikah lagi dengan wanita pilihan Abah.

Cinta#7 – Arwana
Subur (Harry Dagoe  Suharyadi) dan Lastri (Ria Irawan) sepasang suami yang mencoba peruntungan dari beternak Arwana pemberian bos Subur. Subur berkeyakinan bahwa Arwana itu memberikan rejeki dan menolak permintaan Lastri untuk menjualnya. Hingga Subur disadarkan oleh seorang pedangan makanan ikan bahwa Arwana adalah ikan yang sensitif dengan makanan. Diapun berencana menjual ikannya.

Cinta#8 – Pisang Ambon Teman Rio
Fitri (Jajang C Noor) ibu dari anak tunggal Rio (Alex Abbad). Dia mendengar kabar bahwa Rio dan istrinya bercerai. Fitri sangat mencintai Rio, dan dia menyayangkan mengapa istrinya menceraikan Rio. Hingga Fitri akhirnya tahu rahasia besar dalam diri Rio, bahwa Rio adalah gay.

Delapan Cinta, Satu Pengorbanan. Delapan cerita dengan inti yang sama ini tidak bermaksud untuk saling menggurui namun masing-masing main character ini memberikan gambaran bahwa sebesar apapun cinta tanpa pengorbanan maka akan sia-sia. Mereka mencoba berkorban demi cinta mereka kepada pasangannya atau orang tuanya.

Cerita di film ini dibuat sesimple mungkin, kadang ada beberapa cerita yang mungkin saja agak sulit untuk dicerna dan dipahami, namun meski dibuat simple, detail film ini terasa sekali. Dan korelasi antar cerita di akhir film bisa menyimpulkan semua maksud yang terkandung dalam masing-masing cerita itu.

Movie Info :

Title : Cinta setaman

Cast : Nicholas Saputra, Julia Perez, Marsha Timothy, Lukman Sardi, Djenar Maesa Ayu, Ria Irawan, Alex Abbad, Surya Saputra

Director : Harry Dagoe Suharyadi

Rate :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s