[Review] Dear John (2010)

John Tyree (Channing Tatum) adalah anggota pasukan khusus yang ditugaskan di Jerman, dua minggu liburnya dia habiskan di rumah sang ayah. Siapa sangka liburannya menjadi pertemuan dengan Savannah (Amanda Seyfried) , mahasiswi yang ramah dan sederhana. Singkat kata, mereka menjalin cinta sejati. Dua minggu tersisa sebelum John kembali ke Jerman dan Savannah kembali ke kampusnya. John yang ditugaskan selama setahun harus melakukan LDR dengan surat menyurat. Dalam surat John-Savannah terjadi pergolakan batin yang semakin mempersatukan mereka. Setahun kemudian, stabilitas politik Amerika paska 9/11 memaksa John harus ditempatkan di Irak. John-pun hanya punya waktu 2 hari untuk kembali ke rumah dan berbagi cerita dengan Savannah. Cinta mereka makin kuat sampai John di Irak.

Berbulan-bulan John seperti kehilangan kontak dengan Savannah, dia tak menerima satu suratpun dari gadisnya. Hingga satu surat diterima John. Berisi sebuah ungkapan dan pernyataan yang membuat John kehilangan motivasi hidupnya. Savannah menikah dengan laki-laki lain. Ditengah-tengah tugasnya di Irak, dia mendapatkan kabar sang ayah jatuh sakit, diapun terpaksa pulang dan menemani ayahnya sampai ajal tiba. Diapun bertemu kembali dengan Savannah, meminta penjelasan logis mengapa dia menikahi laki-laki lain, namun jawaban Savannah membuat John berfikir keras dan seperti pepatah “Cinta tak harus memiliki”.

Dari sederet film drama romantis yang pernah gue tonton, mungkin ini adalah satu dari beberapa film drama romantis yang porsinya pas. Ceritanya pas, akting aktor-aktornya pas dan nuansa drama-nya pas. Kita diajak mengarungi perjalanan cinta John-Savannah tanpa harus merasa ada di sebuah pilihan mana yang benar dan mana yang salah. Kebesaran hati John, ketegaran Savannah dalam menghadapi masalah membuat film ini sangat kuat di plot. Tak perlu menye-menye untuk membuat film drama romantis menyentuh hati. Dan bisa jadi, ini adalah film adaptasi novel yang paling bagus.

Movie Info :

Title : Dear John

Cast : Channing Tatum, Amanda Seyfried

Director : Lasse Hallström

Rate :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s