[Review] Invictus (2009)

Pada awalnya gue kira film ini akan membahas tentang bagaimana Nelson Mandela (Morgan Freeman) menghilangkan perbedaan antar ras atas politik Apartheid yang terjadi, oke mungkin memang film ini menggambarkan bagaimana Mandela menghilangkan politik Apartheid itu namun dengan cara lain, yaitu melalui Rugby.

Mandela mulai mencari cara untuk menyatukan Afrika Selatan di kepemimpinan awalnya, perpecahan ras sangat terasa di setiap sudut kota Afrika Selatan. Mandela yang cerdas kemudian mencari jalan lain untuk menyatukannya melalui kapten Rugby, François Pienaar (Matt Damon) seorang kulit putih yang awalnya juga sangsi atas kepemimpinan Mandela. Mandela menjelaskan misi perdamaian itu lewat François dan akhirnya François setuju. Akhirnya dengan François sebagai kapten, mempengaruhi pemain-pemain yang lain, sampai Afrika Selatan mengadakan piala dunia Rugby pertama di Afrika di tahun 1995. Perbedaan demi perbedaan mereka eliminasi dan berhasil menyatukan Afrika Selatan dengan olah raga.

1,5 jam pertama film ini memang menarik, konflik kepentingan dan konflik ras mencuat kemudian bisa di atasi oleh Mandela, tapi kemudian di bagian ending terasa sekali lemah di plot dan mudah tertebak. Mungkin karena film ini menyerukan persatuan dalam perbedaan jadi kemenangan tim Rugby itupun bisa ditebak. Damon dan Freeman adalah dua aktor favorit saya, di setiap film mereka selalu bermain total dan mengesankan, namun agaknya Damon kurang bisa mengintepretasikan dirinya sebagai kapten atau bahkan sebagai rakyat Afrika Selatan yang loyal. Well, good drama but bad in ending.

Movie Info :

Title : Invictus

Cast : Morgan Freeman, Matt Damon

Director : Clint Eastwood

Rate :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s