[Review] Flash Forward (Season 01, 2009/2010)

Apa yang akan anda lakukan jika satu hari anda terjatuh tak sadarkan diri, kemudian dalam bawah sadar anda, anda bisa melihat kejadian yang akan terjadi di masa depan anda selama 137 detik?, apakah anda akan berusaha mewujudkan penglihatan masa depan itu (jika baik) atau mencoba keras agar masa depan itu tak terwujud (jika buruk). Setidaknya inilah benang merah dari serial yang release pertama kali pada tanggal 24 September 2009 di stasiun TV ABC.

Los Angeles disinyalir sebagai pusat Global Blackout (CBO). Maka dari itu, FBI membentuk Mozaic Investigation, sebuah project untuk menuntaskan segala hal tentang GBO ini sampai ke akar-akarnya. Mark Benford (Joseph Fiennes) adalah pemimpin project ini atas penunjukkan asisten direktur FBI Stanford Weddeck (Courtney B. Vance), Benford bersama teman-temannya berusaha mencari solusi untuk memecahkan masalah GBO ini. Benfor sendiri “terpenjara” dengan penglihatan masa depannya, digambarkan kehidupannya berubah 180 derajat dan menjadi pecandu alkohol lagi (setelah dia sober). Demetri Noh (John Cho) partner Benford merasa aneh dengan penglihatannya, karena dia tak melihat apapun. Bisa diartikan bahwa masa depannya hitam atau dia memang sudah meninggal dunia. Demetri hidup dengan bayang-bayang kematian, apalagi tiba-tiba saja ada wanita asing yang memberitahu Noh, bahwa dia akan mati di tanggal 15 Maret 2010. Demetri seolah-olah berkejar-kejaran dengan waktu dan nasib. dan Nasib ditentukan oleh masing-masing orang.

Di lain sisi, GBO yang terjadi membuat Lloyd Simcoe (Jack Davenport) gerah, dia yakin bahwa GBO adalah perbuatan dia dan teman-teman seprofesinya. Sebuah gejala Quantum Physic yang dia rakit bersama Simon Campos (Dominic Monaghan). Satu hal dari Simcoe, dia adalah pria masa depan Olivia Benford (Sonya Walger) istri Mark, dilihatkan bahwa Olivia hidup serumah dengan Simcoe, padahal dia masih menikah dengan Mark. Jalinan cinta Mark-Olivia-Simcoe pun dibuat secara unik dan tak terduga disini.

Masih banyak karakter lain di serial ini yang menggambarkan kegundahan masa depan mereka, sisi optimis bahkan pesimis. Ditambahi cerita cinta sejati ala Jin-Sun (LOST), Bryce-Keiko adalah pasangan itu, Bryce (Zachary Knighton) yang adalah teman seprofesi Olivia memutuskan mengakhiri hidupnya tepat pada hari GBO, namun dia melihat masa depannya bersama gadis cantik Jepang yang diyakini sebagai belahan jiwanya, dia sampai harus ke Jepang demi bertemu Keiko (Yûko Takeuchi), hingga nasibpun menentukan mereka.

Sebagai sebuah serial baru, FlashForward mampu membuat dunia pertelevisian Amerika menanjak, sejak lesunya serial-serial lama, kemudian muncul serial ini seperti batu loncatan kembali bahwa serial yang edisi perdananya ditonton lebih dari 15 Juta penonton mampu membangkitkan serial-serial lainnya. Sayang sekali, Serial ini harus “dihabiskan” di season 1 saja, sudah ada kejelasan dari pihak ABC bahwa serial ini dihentikan.

Sama dengan serial-serial serupa, serial yang bersangkutan dengan FBI tak jauh-jauh dari penyusup di tubuh internal FBI sendiri, keluarga yang selalu jadi sasaran penjahat sampai cerita cinta yang rumit.

Bagi gue, faktor goosebump serial ini sering terjadi di beberapa episode, sosok “suspect zero” sampai komunikasi unik yang menghubungkan orang di tahun 1991 dan 2010.

Well, great series, sayang harus dihentikan!

Series Info

Title : Flash Forward

Cast : Courtney B. Vance, John Choo, Joseph Fiennes, Zachary Kingston

Director : Nick Gomez , Bobby Roth, John Polson, Constantine Makris, David S. Goyer, Michael Nankin, Michael Rymer, Leslie Libman

Rate :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s