[La Revue] Lucky Luke (2009)

John Luke (Jean Dujardin) mengalami trauma yang sangat dalam saat orang tua-nya dibunuh oleh komplotan bandit saat dia berusia muda. Sejak saat itupun dia membulatkan tekad bahwa dia tak ingin membunuh orang satupun di dunia ini, karena dia tahu akibat dari sebuah pembunuhan. Meninggalkan kota-nya dia melalang buana ke segala tempat, memantapkan dirinya menjadi seorang pembela keadilan tanpa membunuh. Reputasinya menjadi naik dan dia dijuluki sebagai Lucky Luke.

Presiden Amerika kemudian mencoba memanfaatkan keahlian Luke untuk mengatasi permasalahan di sebuah kota kecil, namanya Daisy. Kota dimana Luke besar dan dimana trauma itu terjadi. Awalnya Luke merasa sangat jengah, namun demi membela negara diapun melakukannya. Dia mencoba membersihkan Daisy dari segala kejahatan dan mengusir Pat Poker (Daniel Prévost), bandit kelas kakap keluar kota Daisy. Poker tak berhenti begitu saja, dia menyewa seorang pembunuh bayaran konyol Billy the Kid (Michaël Youn), Billy yang nyeleneh malah dijadikan mainan oleh Luke. Namun, terkadang keberuntungan malah menghinggapi orang bodoh. Poker tanpa sengaja terbunuh oleh Luke saat adu tembak, dan Luke sangat kecewa terhadap dirinya, dia menggantungkan pistolnya untuk melampiaskan kekecewaannya. Billy yang tahu Luke sudah tak bersenjata akhirnya menangkap Luke dan menggantungnya. Saat hari penggantungan muncul Calamity Jane (Sylvie Testud) dan Jesse James (Melvil Poupaud), dua pendekar koboi yang membantu Luke.

Luke yang bertekad untuk muncur dari dunia koboi, minggir ke sebuah desa kecil tempat dia menghabiskan hidupnya bersama Elanor,gadis yang dia kenal sejak kecil. Namun, dibalik semua itu Elanor punya rahasia yang mengakibatkan Luke-pun akhirnya kembali mengambil jalan sebagai koboi. Dia, Billy, Jane dan Jesse akhirnya bersatu setelah tahu bahwa kematian Poker dipalsukan. Mereka sekali lagi menyelamatkan Daisy.

Gue memang gak punya banyak referensi tentang film-film Prancis, apalagi film komedi Prancis. Itu sebabnya, gue agak bingung bagaimana gue harus menilai film ini baik dari sisi cerita atau sisi komedinya. Well, awalnya sih agak bingung, dengan info bahwa setting-nya ebrada di sebuah kota kecil Ohio, Amerika Serikat namun menggunakan bahasa Prancis. Mungkin inilah film dengan nasionalisme tinggi, dimanapun settingannya, bahasa harus tetap Prancis. Sebagai sebuah icon, Lucky Luke disinipun sebenarnya kehilangan musuh bebuyutannya. The Daltons tidak ditampilkan disini, mungkin memang ini adalah awal kisah perjalanan sang Luke sebelum bertemu Daltons. Namun ide menyatukan 4 jagoan Koboi di satu scene memang ide yang bagus. Selebihnya, film ini terlalu biasa dan kadang memaksakan.

Overall, gue kurang suka cerita dan plotnya, tapi gue demen banget sama visualisasinya. C’est comment la France a fait la comédie.

Movie Info :

Title : Lucky Luke

Cast : Melvin Poupaud, Jean Dujardin, Daniel Prévost, Michaël Youn

Director : James Huth

Rate :

One comment

  1. mandapuspi · August 28, 2010

    Numpang komen ya..
    Film Perancis emang kurang dapet tempat ya, jadi kita juga jarang disuguhi film2 Perancis di bioskop (kecuali pas ada film festival). Beruntung Lucky Luke sempet bertengger beberapa hari di Blitz. Emang rada jayus sih di beberapa adegan, tp menurut gw Lucky Luke salah satu film komedi terbaik tahun ini. Lucunya natural.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s