[Review] Unthinkable (2010)

Title : Unthinkable Cast : Samuel L. Jackson, Carrie Anne-Moss, Michael Seen, Brandon Routh Director : Gregor Jordan Rate :

Efek 9/11 masih saja menggelitik beberapa sutradara maupun penulis Hollywood untuk mengetengahkan isu sensitif ini ke sebuah film. Dari berbagai sisi dari berbagai aspek kehidupan, dari yang tak menyinggung sampai yang jelas-jelas menyinggung isu sensitif itu. Inilah film dengan tingkat ketersinggungan yang cukup tinggi. Sang pembuat naskah dan sutradaranya menggamblangkan kecerobohan intel Amerika dan teroris itu sendiri kesebuah ikatan emosi yang meledak.

Setelah 9/11, terorisme adalah isu utama Amerika. Terorisme disini adalah bangsa Arab dan Islam. Kisah dimulai dari sosok Steven Young a.k.a Yusuf Mohamed (Michael Sheen) penduduk Amerika keturunan Arab yang merencanakan pengeboman di tiga titik penting Amerika. FBI tiba-tiba tersentak dengan berita itu, apalagi press lebih tahu sebelum FBI. Agent Helen Brody (Carrie-Anne Moss) seorang spesialis terorisme mengumpulkan tim, data dan fakta untuk mencari Young dan melokalisir bom. Rupanya, Young telah ditawan oleh intelegen lain dengan bantuan Henry Humprey (Samuel L. Jackson), eksekutor tanpa takut yang menyiksa Young agar dia mau memberikan lokasi bom berada. Ketegangan antar-intel dan seorang teroris, ketidak percayaan antar personil yang mempermainkan keadaan seolah-olah memberikan lampu hijau untuk Young bahwa dia telah “menang” melawan intelegen Amerika.

Sebagai film dengan isu yang cukup sensitif, film ini jelas-jelas memberikan gambaran tentang keseimbangan. Maksud gue adalah sutradara mencoba menilik isu ini dari sisi sang teroris itu sendiri serta kesemrawutan intel Amerika dalam menyikapi teroris. Dengan plot yang mencengangkan, twisting dan thrilling. Film ini mampu membangkitkan emosi, ekspresif dan penokohan yang tepat. Kejamnya Henry, desperate-nya Brody dalam mengatasi masalah dan ketegaran Young dalam menghadapi siksaan.

Unthinkable berhasil membuat gue naik darah, kemudian seperti terseret oleh fakta bahwa negara superiorpun bisa salah menilai setiap langkah yang mereka ambil untuk menyelamatkan negaranya sendiri. Good drama with good twist and thrill too.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s