[Review] I Love You, Phillip Morris (2009)

Title : I Love You, Phillip Morris Cast : Jim Carrey, Ewan McGregor, Rodrigo Santoro, Leslie Mann Director : Glen Ficarra, John Requa Rate :

Sebenarnya gue agak tertipu dengan judulnya. I Love You Phillip Morris bukanlah film drama percintaan wanita dan sosok Phillip Morris ataupun cerita tentang perusahaan rokok. Ini cerita tentang sosok Steven Russo (Jim Carrey), con man paling beruntung di muka bumi. Film 90 menit ini menampilkan segala macam kebohongan-kebohongan Russo dan keberuntungannya.


Russo sejak kecil mengetahui bahwa dirinya adalah anak angkat dari sebuah keluarga harmonis. Waktu bergerak hingga dia mempunyai pekerjaan sebagai polisi dan menikahi Debbie (Leslie Mann). Menjadi polisi bukan karena cita-cita namun keinginan dia untuk mencari sosok ibu kandungnya. Meskipun berhasil, rupanya sang Ibu malah tak mau menerima Russo sebagai anaknya. Diapun menyerah dan berpindah profesi sebagai pebisnis. Hidupnya memang sempurna namun satu hal yang dia sembunyikan dari sang istri, bahwa dia sebenarnya adalah gay. Satu saat dia kecelakaan dan akhirnya memutuskan untuk menjadi dirinya sendiri, seorang gay. Meninggalkan istrinya dan menjalin hubungan dengan pria perlente Jimmy (Rodrigo Santoro). Hidupnya sebagai seorang gay membutuhkan biaya besar, diapun mulai mengambil jalan pintas untuk kekayaan menjadi penipu ulung. “Kegiatan” dia mulai tercium polisi dan akhirnya dipenjara. Dalam penjara, dia bertemu dengan Phillip Morris (Ewan McGregor) banci yang selalu dijauhi oleh tahanan lain. Dari situlah timbul cinta antara mereka. Dengan segala cara Russo mengeluarkan dirinya dan Morris dari penjara, hidup bersama dan tetap dengan pekerjaannya menjadi penipu. Semakin sering Russo menipu semakin dia sering bolak-balik penjara. Hingga sebuah kebohongan besar dia lakukan untuk menunjukkan kebenaran yang sesungguhnya, cintanya terhadap Morris.

Well, dengan tema yang “mengerikan” ini gue tidak terlalu banyak berharap dari sisi dramanya. Namun, twist yang disajikan di film ini cukup menarik apalagi ending yang tak pernah gue fikirkan sebelumnya. Russo seorang penipu handal bisa memalsukan kematiannya karena AIDS dalah klimaks terbaik di film ini. Jim Carrey memang jempolan mengampilkan karakter Russo, sosok gay flamboyan. Dan juga Ewan yang cocok-cocok saja menjadi kekasih Carrey. Awalnya gue fikir bakal membosankan malah menarik dari sisi twist dan ending.

Best quote film ini “Underneath all those lies there awlays something that was real”.

One comment

  1. simungil · August 8, 2010

    I like the quote! Pinjem pake ahhh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s