Top 10 Favorite Movies (International)

Top 10 : 10 terbaik

Favorite : Paling sering ditonton

Movie (International) : Film Internasional

Ini adalah daftar 10 terbaik film internasional yang paling sering ditonton oleh gue. Bisa jadi, daftar ini tidak cocok dengan anda. Gue gak pernah meminta anda untuk setuju dengan daftar ini, ini murni versi gue dan ini murni dari film-film yang gue tonton. Here we Go!

10. DISTURBIA

Title : Disturbia

Genre : Thriller/Mystery

Year : 2007

Cast : Shia LeBouf, Sarah Roemer, Carrie Anne-Moss, David Morse, Aaron Yoo

Director : D.J Caruso

Rate :

Sinopsis :

Kale (Shia LaBeouf), pemuda yang selalu bermasalah dengan sekolahnya -setelah ayahnya meninggal. Harus di skors di rumah dan tidak bisa meninggalkan rumah menemukan sesuatu yang misterius dan membahayakan. Bahaya itu datang dari tetangganya sendiri, dia bersama Ronnie (Aaron Yoo) dan tetangga barunya Ashley (Sarah Roemer) mencoba menyelidiki pembunuhan misterius yang didalangi oleh tetangga misteriusnya itu.

Why on Top 10? :

Film thriller psikologis selalu membuat gue betah nonton. Dari sisi drama yang tak terlalu berlebihan sampai aksi menegangkan dihadirkan dari awal sampai akhir. Disinilah performa Shia meningkat, berubah menjadi aktor berkarakter bahkan di film-film berikutnya.

09. THE BOY IN THE STRIPPED PAJAMAS

Title : The Boy in the Stripped Pajamas

Genre : Thriller/Drama

Year : 2008

Cast : Asa Butterfield, Zac Mattoon O’Brein, Domonokos Nemeth, Henry Kingsmill

Director : Mark Herman

Rate :

Sinopsis :

Bruno (Asa Butterfield) adalah anak kecil pemberontak, ayahnya yang merupakan atase Nazi dipindahtugaskan ke sebuah desa terpencil dimana desa tersebut adalah desa tempat kamp tawanan Yahudi yang akan dibunuh masal. Dalam kehidupan barunya di desa itu Bruno bertemu Leon (Zac Mattoon O’Brien) yang tak lain adalah anak dari seorang Yahudi yang juga merupakan tawanan. Bruno yang merasa hidupnya monoton tiba-tiba mempunyai ide untuk ikut masuk ke kamp tawanan Yahudi itu, Bruno dan Leon-pun bersama-sama bermain, sampai dia lupa bahwa pada hari itu adalah hari dimana Yahudi dibumihanguskan.

Why on Top 10? :

Sekali lagi film thriller psikologis. Meskipun ini bukan film hollywood tapi film ini mampu menggetarkan dari sisi cerita dan penokohan. Ending yang benar-benar membuat kita terpukau dengan cerita yang menarik. Film ini berhasil membuat gue memahami penderitaan orang-orang Yahudi kala itu dan kekejaman Nazi kala itu.

08.HARRY POTTER AND THE PRISONER OF AZKABAN

Title : Harry Potter and the Prisoner of Azkaban

Genre : Fantasy/Drama

Year : 2004

Cast : Daniel Radcliffe, Emma Watson, Rupert Grint, Gary Oldman

Director : Alfonso Cuaron

Rate :

Sinopsis :

Tahun ke-3 Harry Potter (Daniel Radcliffe), dia harus berhadapan dengan seseorang yang tiba-tiba kabur dari penjara nomor wahid di dunia penyihir. Azkaban. Dia adalah Sirius Black (Gary Oldman) seorang yang disebut-sebut adalah tangan kanan dari Lord Voldemort, dia bersama Hermione (Emma Watson) dan Ron Weasley (Rupert Grint) berusaha untuk mencari tahu siapa dan apa maksud dari Sirius.

Why on Top 10? :

Twist di seri ketiga Harry Potter ini lebih bagus, itu sebabnya gue memasukkan ke daftar film favorit gue. Dari keseluruhan seri Harry Potter seri inilah yang secara visualisasi menarik, cerita lebih mendalam. Apalagi ditambah Gary Oldman yang memang satu dari beberapa aktor berwatak favorit gue.

07. SHUTTER ISLAND

Title : Shutter Island

Genre : Thriller/Mystery

Year : 2010

Cast : Leonardo DiCaprio, Mark Ruffalo, Ben Kingsley

Director : Martin Scorsese

Rate :

Sinopsis :

Teddy Daniels (Leonardo DiCaprio) dan Chuck Aule (Mark Ruffalo) berusaha memecahkan kasus misteri yang menimpa sebuah rumah sakit jiwa di pulau terpencil, Shutter. Disanalah segala macam kegilaan, ketidakpastian dan ketidakpercayaan membuat Teddy dan Chuck saling beradu otak untuk menemukan sosok pasien sakit jiwa yang mendadak hilang.

Why on Top 10? :

Film dengan tema psikologis thriller selalu memukau gue. Sebut saja Se7en, Memento, Kala sampai PIntu Terlarang. Film depresif yang dikemas dengan sedikit bumbu horor bisa jadi adalah film yang cocok dengan gue. Sejauh menonton film-film itu tidak pernah dikecewakan.

Kemudian Shutter Island muncul, anggapan bahwa film ini mirip dengan Pintu Terlarang bisa saja benar, toh setting yang sama walau dengan eksekusi yang beda. Dan gue tidak mau membandingkan.

Review gue mengenai film ini adalah : GILA!, twist yang dihadirkan oleh Scorsese membuat otak gue tak berhenti berfikir akan apa yang sebenarnya terjadi di pulau itu sampai ending tiba. Dari permulaan scene sampai ke permasalahan yang disajikan kemudian rupanya ada twist disitu membuat gue berdecak kagum sepanjang film. Durasi 2 jampun tak terasa bisa gue nikmati.

06. LA VITA E BELLA (LIFE IS BEAUTIFUL)

Title : La vita è bella (Life Is Beautiful)

Genre : Drama

Year : 1997

Cast : Roberto Benigni, Nicoletta Braschi, Giorgio Cantarini

Director : Roberto Benigni

Rate :

Sinopsis :

Guido Orefice (Roberto Benigni) menikah dengan Dora (Nicoletta Braschi), lalu lahirlah anak mereka Giosue Orefice (Giorgio Cantarini). Guido adalah Yahudi sedangkan Dora orang Italia. Masa pendudukan Nazi di Italia memaksa Guido harus terpisah dengan Dora, dimana Guido ditawan oleh Nazi. Giosue yang ikut dengan Guidopun mulai mempertanyakan kenapa dia dan ayahnya ditawan. Guido yang humoris tak ingin anaknya larut dalam kesedihan, diapun merancang kebebasan anaknya dari tawanan dan mengembalikan anak kesayangannya kembali ke pelukan ibunya.

Why on Top 10? :

Drama tragis yang (bisa jadi) sangat menyayat hati. Menggambarkan pengorbanan seorang ayah dan suami untuk keluarga kecilnya, terpidah hanya karena perbedaan yang sangat jauh saat itu. Benigni mampu membangkitkan emosi penonton (gue) dan membuat setiap scene di film ini sangat berarti.

05. LOVE ACTUALLY

Title : Love Actually

Genre : Drama/Family/Romance

Year : 2003

Cast : Colin Firth, Emma Thompson, Martin Freeman, Kiera Knightley

Director : Richard Curtis

Rate :

Sinopsis :

Delapan cerita, Delapan Plot, Banyak karakter namun semua menyatu menjadi kesatuan : Cinta Sebenarnya.

Why on Top 10? :

Dari daftar 10 film terfavorit gue mungkin inilah satu-satunya film yang bergenre pure drama. Film ini membuat gue merasa percaya bahwa cinta sejati adalah hak setiap manusia, dan kita diperkenankan mendapatkannya meski rintangan yang menghadang adalah saudara, teman atau mantan kita sendiri. Film ini bisa gue sebut sebagai film pijakan dari banyak film bertema sama. Banyak kisah namun satu garis merah. Sebut saja LOVE (Indonesia), CINTA (Malaysia), Paris J’taime (Perancis) sampai New York, I Love You (Amerika).

04. SUPERMAN II

Title : Superman II

Genre : Fantasy/Superhero/Drama

Year : 1980

Cast : Christopher Reeve, Margot Kidder, Gene Hackman

Director : Richard Lester, Richard Donner

Rate :

Sinopsis :

Film kedua dari serial Superman layar lebar ini mengetengahkan dilema seorang Superman/Clark Kentt (Christopher Reeve) yang harus memutuskan untuk berpisah dengan kekuatan supernya dan menjadi manusia demi cintanya kepada Lois Lane (Margot Kidder). Di kesempatan yang sama General Zod (Terence Stamp) dan rekan-rekannya turun ke bumi setelah lepas dari penjara Krypton mulai menghancurkan bumi, dibantu oleh Lex Luthor (Gene Hackman). Keteguhan hati Superman/Clark Kent kembali dipertanyakan.

Why on Top 10? :

Bahkan Superman Returns (2008)-pun tak mampu kedahsyatan cerita dari Superman II ini, memang secara FX jelas kalah. Namun, kekuatan cerita membuat film ini benar-benar menjadi favorit gue. Apalagi gue adalah fans dari Superman. Memperlihatkan sisi humanis seorang Superman membuat kita berfikir bahwa terkadang superhero-pun bisa memiliki dilema dalam hidupnya.

03. THE DA VINCI CODE

Title : The Da Vinci Code

Genre : Mystery/Thriller

Year : 2006

Cast : Tom Hanks, Audrey Tatou, Jean Reno, Ian McKellen

Director : Ron Howard

Rate :

Sinopsis :

Robert Langdon (Tom Hanks) seorang kritolog terjebak di sebuah konspirasi terbesar. Dikejar oleh FBI-nya Perancis dan kemudian harus memecahkan kode yang disandikan oleh Jacques Sauniere (Jean-Pierre Marielle), teman baiknya. Dia bersama cucu Jacques, Sophie Neveu (Audrey Tautou) mulai berpetualang ke semua sudut Perancis hingga menemukan sesuatu yang sangat kontroversial.

Why on Top 10? :

Banyak yang kecewa dengan film ini. Tapi gue TIDAK! film ini adalah film yang sarat akan petualangan luar biasa. Apalagi pemandangan Perancis yang luar biasa indah. Bagi gue film ini bahkan lebih baik dari bukunya. Thriller yang menegangkan hingga terkuaknya sebuah misteri besar umat manusia. I really loved this movie!

02. BATMAN BEGINS

Title : Batman Begins

Genre : Thriller/Superhero/Action

Year : 2005

Cast : Christian Bale, Michael Caine, Liam Neeson, Katie Holmes, Gary Oldman, Morgan Freeman

Director : Christopher Nolan

Rate :

Sinopsis :

Wayne Industries diambang kehancuran total, setelah ditinggal oleh sang pemilik tunggal Bruce Wayne (Christian Bale). Gotham City juga mulai dihantui oleh kejahatan dan korupsi, kekacauan itu membuat Rachel Dawes (
Katie Holmes) yang bertugas di kantor kejaksaan merasa miris melihat kota kebanggannya perlahan hancur. Kemudian muncul sosok Batman, tercipta dari rasa takutnya dia malah menjadi ikon pemberantas kejahatan diam-diam, meskipun pada akhirnya polisi memburunya. Dia berhasil membuat Gotham City kembali aman.

Why on Top 10? :

Nolan mencoba mencari terosoban baru untuk Batman, Dan dia Berhasil! Menjadi lebih dark, misterius membuat film ini mempunyai tingkat ketegangan tinggi dan menjadikan film ini sebagai salah satu film superhero paling luar biasa. Bale-pun bermain sangat bagus.

01. BACK TO THE FUTURE

Title : Back To The Future

Genre : Fantasy/Adventure/Drama

Year : 1985

Cast : Michael J. Fox, Christopher Lloyd, Lea Thompson

Director : Robert Zemeckis

Rate :

Sinopsis :

Marty McFly (Michael J. Fox) mempunyai sahabat seorang profesor gila Dr. Emmet Brown (Christopher Lloyd). Emmet mempunyai penemuan canggih yang bisa mengubah hidup Marty. Mereka bisa menembus ruang dan waktu.

Why on Top 10? :

Setiap kali film ini diputer di stasiun TV, gue pasti gak akan mau melewatkan. Film klasik dengan cerita yang menarik dan visualisasi (untuk tahun 1980-an) film ini sudah sangat berteknologi. Menjadi posisi pertama di daftar gue, film ini memang mempunyai paket komplit. Drama yang baik, teknologi yang luar biasa (pada jamannya) dan petualangan yang seru.

Itulah 10 Film yang kalau gue tonton berulang-ulang bakal gak bosen. Ini masih daftar sementara, bisa aja berubah jika memang ada film yang lebih baik dari 10 diatas.

2 comments

  1. Amir Syarif Siregar · August 27, 2010

    Daftar apaan ini! Gak ada Titanic.
    Huh.

  2. junichi27 · October 9, 2010

    kalo tetanus mau mir? :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s