[Review] Prince of Persia : The Sands of Time (2010)

Title : Prince of Persia : The Sands of Time Cast : Jake Gyllenhaal, Gemma Arterton, Ben Kingsley, Toby Kebell, Richard Coyle, Ronald Pickup Director : Mike Newell Rate :

Dastan (Jake Gyllenhaal) dan Tamina (Gemma Arterton) diburu oleh pasukan Persia dan pasukan asing, tujuannya cuma satu : merebut belati ajaib yang bisa memutar waktu. Awal dari pengejaran itu adalah saat Dastan kabur dari kerajaan setelah dituduh membunuh Raja Sharaman (Ronald Pickup), ayah angkatnya. Dastan curiga dia dijebak oleh kakak tertuanya Tus (Richard Coyle), karena jika sang ayah mangkat maka Tus-lah yang berhak menjadi Raja. Apalagi, hadiah yang menjadi sebab terbunuhnya Raja memang diberi oleh Tus untuk diberikan ke Raja melalui Dastan. Garsiv (Toby Kebbell) kakaknya yang lain termakan omongan Tus. Nizam (Ben Kingsley) sang paman tak luput menjadi bagian dari kaburnya Dastan.

Tamina sendiri adalah tawanan dari Persia atas kerajaan Tamina yang diambil alih Persia. Merekapun berpetualang dan mencoba memperbaiki kesalahan itu. Hingga Dastan sadar bahwa sebenarnya semua kejadian itu adalah rekayasa dari seseorang yang ingin mendapatkan kekuasaan dan kekuatan lebih.

Menjadi pecandu game Prince of Persia di tahun 1990-an memang menjadi faktor utama gue sangat exciting untuk menonton film ini. Sudah banyak yang gagal mempresentasikan game ke dalam sebuah film. Bisa jadi ini yang masih bisa ditolerir. Bahkan bisa dibilang lebih baik ketimbang game lain yang diubah ke film. Secara ceritapun dibuat dengan twist-twist biasa namun tetap menarik. Meskipun sebenarnya konsep bolak-balik waktu disini agak sedikit rancu. Karena sejarah tak bisa diubah, dibolak-balikkan seperti apapun. Tapi toh ini fiksi, semua bisa berfikir dan berpendapat lain.

2 comments

  1. junichi27 · October 9, 2010

    I’ve played the Trilogy but i haven’t play the latest one
    so far cukup mewakilkan kok.. filmnya bukan sekedar film yg di angkat ke game, ada beberapa perubahan tapi ga terlalu bikin rusak ceritanya, masih inget waktu film ini keluar gw bela²in buat antri, tapi ternyata animo movie freaks di bandung ga seperti dugaan gw😀
    ga tau deh kalo yg di jakarta gimana, tapi malemnya gw langsung telpon abang² gw dan nyuruh mereka nonton😀

    Yang agak kurang dari segi peran Jake Gyllenhaal, suaranya kurang berat klo di bandingin sama voice actor Prince di gamenya, jadi seperti kurang gahar aja..
    tapi gelayutannya pas banget.. gw serasa nonton film sambil di bawa ke dunia game PoP

    Puas Puas Puas..

    • djaycoholyc · October 10, 2010

      adaptasi games paling bagus ketimbang yang laen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s