[Movie] Bidadari Jakarta (2010)

Title : Bidadari Jakarta Cast : Poppy Bunga, Keith Foo, Renny Novita, Ayano, Hilmi Aditya, Tahta Perlawanan Director : Nanang Istiabudi Rate :

Jika film ini menjadi kontoversial karena “katanya” adegan pemerkosaan dibuat real maka menonton DVD-pun adegan itu tak ada. Namun, ada atau tak ada adegan itupun sebenarnya film ini sudah tak nikmat disaksikan. 8 menit pertama adalah siksaan yang berat untuk gue. Dilema menyeruak, apakah gue harus mematikan player dan kemudian ganti film? Tapi gue selalu bertekad sejelek apapun filmnya kalau udah tanggung ditonton ya diabisin. Jadi inilah 1,5 jam penyiksaan yang luar biasa.

Gue gak perlu menceritakan isi filmnya yang “katanya” berdasarkan kisah nyata. Intinya adalah wanita perantau yang terjebak ke dunia hitam Jakarta dan di kemudian hari menjadi orang paling berpengaruh di sebuah kumpulan tuna wisma. Klasik sih temanya, tentang perjuangan seorang wanita yang menjadi PSK lalu dimuliakan menjadi wanita baik-baik oleh pria yang pernah menyelakainya.

Tapi, perubahan sikap dari aktor/aktris film ini sungguh dipaksa. Satu scene mereka jejogedan tertawa keras, kemudian drastis menjadi sangat pemurung dan penuh tangis. Pemeran utamanya malah lebih tidak konsisten. Di awal dengan logat daerah tapi baru beberapa bulan logat betawinya sudah sangat kental. Scene-scene-nya seolah-olah terpisah namun diakhirpun tak tersambung dengan baik. Penulis menginginkan penonton cerdas, meminta penonton ikut berfikir atas film ini. Ah gue sedang malas berfikir, film ini tak lebih baik dari si pemenang FFI 2009 itu.

Dialognya? Ah sudahlah, stop disini saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s