[Movie] The Town (2010)

Title : The Town

Cast : Ben Affleck, Jeremy Renner, Blake Lively, Jon Hamm, Rebecca Hall, Slaine, Owen Burke, Pete Postlethwaite, Chris Cooper, Titus Welliver

Director : Ben Affleck

Rate :

Charlestown dikejutkan dengan perampokan bersenjata. Perampok profesional dengan taktik klasik tapi tetap bisa membuat warga kota itu ketakutan. Doug McRay (Ben Affleck), James Coughlin (Jeremy Renner), Albert “Gloansy” Magloan (Slaine) dan Desmond Elden (Owen Burke) adalah empat laki-laki yang sudah seperti saudara di balik perampokan itu, atas suruhan Fergie “The Florist” (Pete Postlethwaite). Mereka melakukan aksi brutal dan tega membunuh siapapun yang menghalangi mereka termasuk polisi. Dalam satu aksi, Doug merasa mempunyai kedekatan emosional dan seksual dengan sang korban, wanita yang menjadi sandera mereka agar bisa lolos, Claire Keesey (Rebecca Hall). Kondisi traumatik Claire dimanfaatkan Doug untuk mendekatinya dan memberikan semacam “pengobatan” traumatik dengan melupakan kejadian naas itu. Kedekatan Claire-Doug tentu membuat James dan yang lainnya merasa terancam, ditambah lagi special agent Adam Frawley (Jon Hamm) yang mulai jengah dengan kondisi kota dengan sepenuh kekuatannya memberantas 4 saudara itu.

Film aksi dengan bumbu drama ini benar-benar memukau dari segala sisi. Di departemen akting sudah barang tentu gue pribadi tak perlu meragukan totalitas akting Jeremy Renner, disini dia bermain all-out sebagai seorang perampok keji dan cuek. Gue rasa akting dia di film ini jauh lebih meningkat ketimbang di Hurt Locker. Jon Hamm juga, dia benar-benar bisa menambah deretan aktor dengan karakter yang bisa dilihat dari gesture dan cara bicara. Hampir semua aktor/aktris melakukan pekerjaan akting dengan baik, yang mengejutkan adalah Blake Lively dengan peran ibu junkie-nya benar-benar tepat. Gue bahkan bisa melupakan sosok Serena Van Der Woodsen di dirinya saat berperan sebagai Kristy.

Dari sisi penyutradaraan Ben Affleck jelas sudah memiliki pattern sendiri. Film sebelumnyapun hampir sama dengan film ini, in a good way. Plot dan twist yang dihadirkanpun cukup baik dengan pace yang sewajarnya. Film ini mampu memberikan ketegangan di menit-menit akhir. Best scene bagi gue adalah saat Renner vs Hamm kejar-kejaran. Gue rasa film ini akan menjadi film pesaing yang lumayan berat saat Oscar 2011 nanti. We’ll see.

(7/2011)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s