[Movie] Boy A (2007)

Title : Boy A

Cast : Andrew Garfield, Peter Mullan, Siobhan Finneran, Alfie Owen, Jeremy Swift, Shaun Evans, Carlene Hanson, Katie Lyons, James Young

Director : John Crowley

Rate :

Kesempatan kedua dan hidup yang normal. Itulah cita-cita utama dari Jack Burridge (Andrew Garfield), anak muda yang menghabiskan masa kecilnya di penjara karena tertuduh membunuh teman baiknya sendiri. Kelamnya masa lalu membuat dirinya menjadi manusia yang sangat rapuh dan sering dilanda ketakutan berlebih. Dia tahu bahwa masa lalunya -meskipun dia menutupi rapat, suatu saat pasti akan terbuka juga. Selepas dari penjara Jack hanya ingin identitas baru, yaitu nama dia sekarang -sebelumnya Eric Wilson, kehidupan baru yang normal. Usaha untuk membuat hidupnya lebih normal dibantu oleh Terry (Peter Mullan) seseorang yang sangat peduli dengan Jack. Setelah menemukan kehidupan barunya, Jackpun mulai bersosialisasi. Bekerja sebagai pegawai di sebuah pabrik hingga bertemu dengan kekasihnya Michelle (Katie Lyons). Kehidupan diapun mulai sempurna setelah dia dikelilingi oleh teman-teman baiknya ada Chris (Shaun Evans), Zeb (James Young) dan Steve (Anthony Lewis).

Kemudian, lambat laun seolah-olah masa lalunya kembali membayangi dirinya hingga dia merasa terus menerus bersalah atas kejadian waktu kecil -digambarkan flash back. Jack kembali dihadapkan dengan kehidupan lamanya, ditinggalkan teman-teman dekatnya dan dikucilkan. Dalam keputus asaan itu Jack akhirnya menyerah kepada hidup.

Trenyuh, melihat perjuangan mantan narapidana yang sebenarnya melakukan kejahatan karena mempertahankan atau menyelamatkan orang lain. Menggambarkan kehidupan Eric/Jack dalam dua waktu berbeda, saat sekolah dan dewasa, film ini mampu membuat gue merasa masuk dan mengikuti memori kelam sosok Jack. Totalitas Garfield yang terjaga dari awal hingga akhir menambah poin positive film ini. Sutradarapun mampu membuat film ini sekelam mungkin tanpa harus membawa ornamen-ornamen yang berlebihan.

Agak menyesal karena film ini gak gue tonton saat pertama rilis. Padahal Boy A adalah film yang menurut gue luar biasa dari segi tema maupun akting. Garfield adalah aktor berkarakter, dari The Social Network dan Never Let Me Go, gue fikir gue harus mencari perbandingan lagi karakter yang dibawakan Garfield di film-film mendatang. Spiderman? semoga saja bagus.

(14/2011)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s