[Series] Being Human, Off the Map & Shameless : The 2011 New Series

Serial TV adalah hiburan tanpa batas, gue selalu menyebutnya sebagai candu. Sekali lo mengikuti sebuah serial TV hampir dipastikan lo seperti terangkap dalam hiburan 45 menit dengan cerita menarik dan cast yang menawan. Tahun 2010 adalah tahun terbaik TV Amerika sejak writer strike 4 tahun lalu, at least bagi gue. Dan pembukaan tahun 2011-pun TV network/cable berlomba-lomba untuk mempersembahkan tayangan serial TV baru bermutu yang layak tonton. Banyak serial baru yang diputar di awal tahun, dan karena gue hanya mengikuti sebagian kecil saja, gue akan mencoba memberikan 3 rekomendasi yang menurut gue serial ini akan cukup bertahan lama. Well, paling tidak itu pemikiran gue. Check this out!

Title : Being Human

Cast : Sam Witwer, Meaghan Reth, Sam Huntington, Sarah Allen, Gianpaolo Venuta, Mark Pallegrino

Network : Scify

Rate :

 

Scify selalu punya cara untuk memanjakan penontonnya yang (mungkin) kebanyakan geeks dan nerds ini. Lihat saja serial-serialnya, kalau bukan advance technology ya space life/spaceship technology. Nah, tahun 2011 Scify membuka tahunnya dengan serial remake dari serial UK dengan judul yang sama. Being Human bercerita tentang Aidan (Sam Witwer) seorang Vampire,  Josh (Sam Huntington) seorang Werewolf dan Sally (Meaghan Rath) seorang hantu yang menempati satu rumah bersama dan mencoba hidup selayaknya manusia. Mereka punya rahasia besar yang jika orang biasa tahu maka mereka pasti akan diburu. Konflik merekapun cukup menarik, Aiden dengan ancestor-nya, Josh dengan keluarganya dan Sally dengan kekasihnya.

Baru bergulir 3 episode (dan gue baru nonton 2 episode), sejauh ini 2 episode pertama punya cerita yang menarik dan layak untuk terus diikuti, meskipun gue ngerasa target penonton serial ini adalah wanita, at least dengan kemasan cast cowoknya yang dibuat semenarik mungkin. Jika episode 3 sampai seterusnya serial ini bisa menjaga pace dan twist maka bisa jadi serial ini akan menjadi serial yang dinanti penggemar serial-serial bergenre supernatural.

Title : Off the Map

Cast : Valerie Cruz, Jason George, Zach Gilford, Mamie Gummer, Martin Henderson, Rachelle Lefevre

Network : ABC

Rate :

 

Setelah menyelesaikan 6 tahun yang luar biasa dengan LOST rupanya ABC masih ingin membuat serial dengan setting yang (hampir) sama. Off the Map memang bukanlah serial seperti LOST. Tapi, Off the Map adalah kombinasi antara LOST dan Grey’s Anatomy. Gue memang tidak pernah sama sekali menonton Grey’s Anatomy, karena satu alasan : serial kedokteran itu bikin boring. Well, rupanya alasan itu terpecahkan di serial ini. Off the Map adalah serial perjuangan 6 dokter, 3 senior 3 junior yang berjuang dengan alat seadanya dan obat seperlunya di sebuah perkampungan/area terpencil di lokasi Amerika Selatan. Mereka mengobati penduduk dengan obat terbatas dan insting cepat, apalagi penyakit-penyakitnya kadang unik. Yang menarik di serial ini adalah ensamble cast yang sesuai, kecuali Fuller yang gak cocok jadi playboy. Secara ceritapun tidak terlalu berat (mengingat genre kedokteran terkadang dialognya rumit) ditambah bumbu humor yang pas pada tempatnya. ABC tidak mengandalkan cast yang tenar, tapi stasiun TV ini mampu membuat serial ini menjadi enak disimak dan indah dipandang mata, dengan view yang sangat luar biasa menarik ditambah cerita yang cukup ringan.

Title : Shameless

Cast : Emmy Rossum, William H. Macy, Cameron Monaghan, Pej Vahdat, Emma Kenney, Joan Cusack, Blake Alexander Johnson, Brennan Kane Johnson

Network : SHOWTIME

Rate :

Nah, dari ketiga serial (keempat sih, cuma The Cape nasibnya naas) yang gue ikutin. Shameles adalah top of new series. Cerita yang simpel sebenarnya, satu keluarga tanpa ibu dengan 6 orang anak berusaha bertahan hidup dari kerasnya Amerika dengan bekerja seadanya dan tetap sekolah.

Fiona Gallhagher (Emmy Rossum) adalah tumpuan keluarga Gallhagher, dengan pendidikan dia yang terbatas dia harus mengurus 5 adiknya dan ayah yang mabuk-mabukan dan sering keluar masuk penjara karena keseringan mabuk. Kehidupan kerasnya membuahkan semangat hidup yang malah membuat seorang pria kaya nan baik hati Steve (Justin Chatwin) menjadi tertarik dengan sosok Fiona yang kuat dan mandiri.

Serial bergenre drama komedi ini adalah serial dengan kekuatan pada cerita dan karakter. Meskipun rame, tapi masing-masing karakter punya kisah sendiri yang kuat dan menyatu, pertama kali gue nonton pilotnya gue langsung tertarik. Dan gue bandingkan dengan versi UK-pun masih tetap menarik. Showtime adalah AMC versi dewasa, stasiun TV ini berani memberikan tontonan yang beda dan kadang vulgar, pesan serial ini simple : Bagaimana kita bisa menghadapi hidup dalam keterbatasan.

Sekian dari gue, sebagai pembuka serial baru di 2011!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s