[Movie] Shaolin (2010)

Title : Shaolin

Cast : Andy Lau, Nicholas Tse, Jacky Chan, Bingbing Fan, Jacky Wu, Yu Xing, Xin Xin Xiong

Director : Benny Chan

Rate :

General Hou Jie (Andy Lau) memimpin wilayah kekuasaannya dengan sangat otoriter, bagi siapapun yang tak tunduk terhadap dirinya maka semerta akan dibantai. Kehidupan China masa itu benar-benar kelam. Perkumpulan Shaolin-pun harus menyerah dengan kedigdayaan General Hou tersebut. Untuk memperlebar wilayah kekuasaannya Hou bahkan tega merencanakan pembunuhan terhadap sang kakaknya sendiri General Song. Dibantu oleh adik yang juga menjadi panglimanya Cao Man (Nicholas Tse) merekapun sudah dengan matang untuk membunuh sang kakak tertua. Namun, Hou dikhianati oleh Cao dengan membeberkan rencana pembunuhan itu. Maka Hou dan Song bertarung dan Cao memanfaatkan keadaan itu. Dua jendral besar itu kalah dan saling bunuh, Cao malah menaklukkan mereka dengan cara adu domba. Cao-pun menjadi Jendral baru. Kekuasaan Cao melebihi kekejian Hou membuat Hou sadar bahwa apa yang dia lakukan selama ini adalah kesalahan besar. Hou-pun dalam keterpurukannya bertemu Cook (Jackie Chan) juru masak Shaolin yang akhirnya mempertemukan Hou dengan perkumpulan Shaolin, perkumpulan yang dulu dia bantai. Pengkhiatan, perjuangan dan pengampunan adalah hal yang sedang dirasakan Hou saat itu.

Seperti tipikal film-film Mandarin dengan setting tempo dulu, pertarungan sengit ala kungfu ditambah dengan gaya Jacky Chan dalam bertarung mengingatkan kita atas kejayaan film-film Mandarin tempo dulu pula. Andy Lau membuat karakter Hou makin bengis dan brutal begitu pula Nicholas Tse. Tiga bintang papan atas Mandarin ini mampu membangun emosi dan cerita di film ini menjadi sangat menarik.

Dalam pertempuran tak ada musuh dan teman abadi begitu juga dengan saudara. Jika ada kepentingan maka disitulah kesempatan. Itu bisa jadi benang merah dari film ini. Menarik, epik dengan scene pertarungan khas Mandarin yang menawan. Sebuah tontonan yang membuat kita bernostalgia dalam masa kejayaan film-film Mandarin tempo dulu.

(23/2011)

2 comments

  1. Shigy · March 9, 2011

    Sorry, bro. Ada butuh sedikit koreksi, nih. Yang jadi kakak Hou Jie itu bukan Xin Xin Xiong. Kalo Xin Xin Xiong mah yang jadi kaki tangan si Cao Man, alias lebih dikenal sebagai si Kaki Hantu murid Wong Fei Hung di Once Upon a Time in China. Nice review, anyway.

  2. djaycoholyc · March 9, 2011

    Wah thanks buat koreksinya.

    makasih juga udah kasih komen dan mampir😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s