[Movie] Madame X (2010)

Title : Madame X

Cast : Amink, Fitri Tropica, Marcel Siahaan, Sarah Sechan, Vincent Rompies, Titi DJ, Shanty, Robby Tumweu, Ikhsan Himawan, Saira Jihan, Ria Irawan

Director : Lucky Kuswandi

Rate :

Adam (Amink) punya kisah hidup yang tragis. Menjadi lelaki yang berbeda dari kebanyakan membuat dia tersingkirkan dari kehidupan aslinya. Hidup sebagai waria salon kini Adam memiliki kebahagiaan kecil. Bersama Bunda Liem (Baby Jim Aditya), Cun Cun (Fitri Tropica) dan Alien (Joko Anwar) dia mulai menjalani hidup “normal”-nya. Hingga pada malam pesta ulang tahunnya di klub khusus gay dan waria sekelompok organisasi bergaris  keras merusak acara itu dan menculik semua waria yang ada dalam klub termasuk Aline dan Adam. Aline yang terbuang dan mati membuat Adam merasa harus membalaskan dendam kesumat itu. Diapun terpaksa loncat dari truk yang membawa dia dan bertemu dengan sepadang suami-“istri” Oom Rudy (Robby Tumewu) dan Tante Yantje (Ria Irawan).


Hidup Adam menjadi berbeda kembali. Oom Rudy dan Tante Yantje tahu bahwa Adam memiliki kemampuan untuk meneruskan tradisi tari lenggok dan beraksi membasmi kejahatan yang disebabkan oleh Kanjeng Badai (Marcell Siahaan) dan ketiga selirnya (Shanty, Titi DJ & Sarah Sechan). Di mulailah petualangan aksi Adam alias Madame X, dibantu Cun Cun dan Din (Vincent Rompies) untuk melawan Kanjeng Badai dan menyelamatkan Ratih (Saira Jihan), teman baiknya selama hidup di sanggat tari lenggok.

Mungkin yang ada dalam benak Lucky Kuswandi sang sutradara adalah membuat film yang total. Meski absurd, absurd-nyapun harus maksimal. Semua jelas terlihat dari karakter pemain, gambar-gambar yang disajikan. Hampir pasti tidak lazim dan jarang ditemui di film-film Indonesia. Tapi itulah nilai plus dari film ini. Ketotalitas dalam keabsurdan ini yang membawa pengalaman gue sendiri dalam menikmati suguhan film dengan genre yang tak biasa. Secara cerita mungkin terlihat standart, tapi gambar yang berwarna-warni inilah yang membuat film ini “meriah”. Ditambah bintang-bintang besar di kancah perfilman Indonesia dengan kualitas akting yang tak usah diragukan lagi. Peran kecilpun terasa spesial di film ini.

The Rising Star? Saira Jihan!. Cantik dan berperan natural sesuai dengan porsi. Tak kurang tak lebih.

(43/2011)

One comment

  1. Taruma · April 28, 2011

    Sy malah tersiksa nontonnya. sy gak suka ceritanya yang begitu “khayal”.

    tapi saya suka dengan posternya, keren. terlebih lagi merchandise-nya (nonton midnight sih).🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s