[Movie] A Barefoot Dream (2010)

Title : A Barefoot Dream

Cast : Park Hee-Soon, Ko Chang-Seok, Jo Jin-Ung, Gabriel Da Costa, Junior Da Costa, Zefancy Diaz, Fernando Pinto, Fracisco Varela, Xanana Gusmao, Kei Shimizu

Director : Tae-gyu Kim

Rate :

Kim Won-Kang (Hee-soon Park) adalah seorang mantan pemain sepak bola junior di negaranya. Dia mulai berkelana ke negeri-negeri tetangga termasuk Indonesia. Di pulau Sumatera dia malah terjebak dalam kehidupan yang tak kunjung membaik. Tanpa sengaja dia melihat acara berita di TV bahwa Timor Timur sudah merdeka dari Indonesia. Diapun dengan modal nekat dan dari sebuah iklan agency di Timor Timur bahwa ada kehidupan baru disana sebagai pengusaha. Kim yang punya uang terbataspun akhirnya pergi ek Timor Timur. Alih-alih ingin sukses dia malah ditipu oleh James (Jo Jin-Ung), orang Korea yang sering menipu sesamanya di Timor Timur. Untung saja dia ditolong Park In-Gi (Ko Chang-Seok), seorang pegawai diplomat Korea di Timor Timur. Dari situlah perjuangan Kim yang tanpa penghasilan dan pekerjaan dalam memanfaatkan bakatnya, melanjutkan hidupnya melalui sepak bola. Dia melatih anak-anak Timor Timur untuk menjadi bintang baru sepakbola negara itu. Lahirnya Tua (Junior Da Costa), Montavio (Fernando Pinto) dan Ramos (Francisco Varela) tiga anak yang berbeda latar dan karakter. Membawa mereka menjadi sahabat meski sering berbeda pendapat.

Ini adalah film lintas budaya, negara dan bahasa. Bayangkan ada tiga bahasa yang disajikan disini : Indonesia-Portugis-Korea. Tapi, blend in ke dalam filmnya benar-benar mulus. Mereka hampir tak ada kecanggungan berbicara meski beda bahasa. Kisah sederhana tentang perjuangan orang asing di sebuah tempat yang jauh dari kampungnya memang benar-benar bisa menginspirasi gue bahwa apapun yang lo lakuin kalau lo lakuinnya dengan sepenuh hati dan tanggung jawab maka hasilnya akan manis.

Jarang sekali gue exciting saat nonton film. Tapi nonton A Barefoot Dream membuat gue senang, trenyuh dan bahkan hampir meneteskan air mata. Perpaduan gambar dari pemandangan Timor Timur yang indah, karakter unik dan menarik menambah poin plus film ini menjadi film Korea yang gue sukai. Catet, jarang sekali gue suka sama film-film asia, tapi film ini akan masuk excuse-movie list gue.

Once again, Timor Timur membuktikan bahwa negaranya sangat menghargai seni khususnya film. Buktinya, di film ini Xanana Gusmau jadi cameo meski tak ada dialog dan hanya beberapa detik.

(46/2011)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s