[Movie] Blue Valentine (2010)

Title : Blue Valentine

Cast : Ryan Gosling, Michelle Williams, Faith Wladyka, John Doman, Mike Vogel, Marshall Johnson, Jen Jones, Maryann Plunkett, James Benatti, Barbara Troy

Director : Derek Cianfrance

Rate :

Sepasang suami-istri hidup dalam keterbatasan emosional dan cinta. Dean (Ryan Gosling) dan Cindy (Michelle Williams) selalu menganggap bahwa mereka mungkin saja tak berhasil melewati sebuah phase kehidupan setelah menikah. Berkenalan dalam sebuah situasi yang biasa, Cindy yang baru saja memutuskan hubungan dengan sang kekasih Bobby (Mike Vogel) berusaha bangkit dari keterpurukannya sebagai seorang wanita yang dilecehkan secara seksual oleh Bobby. Meski sebenarnya mereka melakukannya atas dasar suka sama suka. Kemudian hadir Dean di hidup Cindy yang tiba-tiba membuat Cindy merasa cinta sejatinya ditemukan. Kenyataan kemudian adalah Cindy hamil. Dia bingung karena tak tahu siapa sang ayah dari anaknya, Bobby atau Dean. Namun, tanpa sedikit keraguan Dean mau bertanggung jawab dengan menikahi Cindy. Dari dasar itulah, kehidupan mereka bergulir, terkadang membosankan dan penuh masalah.


Blue Valentine jelas adalah film drama depresif. Dengan tema yang sebenarnya sederhana, perjuangan sepasang kekasih yang menjadi suami-istri dan berusaha meyakinkan diri sendiri bahwa pernikahan mereka baik-baik saja, namun rupanya tidak. Drama yang disajikan disini sudah sesuai dengan runtutan plot, dibalut dengan suasana “indie” membuat film ini beda dengan yang lain. Jika mau dibandigkan, sebenarnya Indonesia sudah punya Radit-Jani disini. Karakter yang bebas dan liar, bedanya Radit-Jani sepasang pemberontak sedangkan Dean-Cindy adalah pasangan yang mencoba untuk ikut dalam alur pembentukan sebuah keluarga.

Dari semua scene tak ada unsur pemaksaan plot, semuanya mengalir meski time line yang berubah-ubah, penonton (gue) bisa menyaksikan latar belakang Dean-Cindy dari awal bertemu hingga di titik terakhir film, sebuah keputusan yang cukup membuat ending film ini getir. One of best drama.

(56/2011)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s