[Movie] The Company Men (2010)

Title : The Company Men

Cast : Ben Affleck, Tommy Lee Jones, Chris Cooper, Suzanne Rico, Thomas Kee, Kevin Costner, Craig T Nelson, Gary Galone, Tom Kemp, Maria Bello, Lance Greene

Director : John Wells

Rate :

Apa yang terjadi jika seseorang yang sudah mempunyai pekerjaan dengan posisi yang mapan, rumah yang bagus, mobil keren dan keluarga yang harmonis seketika berbalik karena krisis ekonomi yang melanda negara. Film ini berfokus pada tiga orang yang baru saja dipecat oleh perusahaan yang sudah memberikan kemewahan kepada mereka selama berpuluh-puluh tahun. Bobby Walker (Ben Affleck) seorang manager handal, dia adalah orang pertama yang di pecat dari jajaran management. Sebagai seorang yang dulunya kaya, dia sebenarnya tak siap untuk menjadi orang susah. Menjual rumah dan mobilnya, pindah ke rumah orang tua bersama istri dan anak-anaknya. Kemudian, Gene McClary (Tommy Lee Jones) bisa disebut dia adalah pendiri perusahaan yang akhirnya memecat dirinya. Sosok bapak yang sebenarnya sudah kaya dan tetap kaya meski sudah di-PHK diapun menjalani masa PHK-nya dengan kegiatan yang biasa-biasa saja. Phil Woodward (Chris Cooper) seumuran dengan Gene namun sayang, gengsinya menjadi seorang yang di PHK memaksa dia melakukan hal yang tragis.


Bobby mencoba bertahan hidup dengan  keterbatasannya, dia mulai menerima tawaran pekerjaan dari kakak iparnya Jack (Kevin Costner) seorang tukang bangunan yang sedang memiliki proyek besar membuat rumah mewah. Awalnya, Bobby yang tak terbiasa dengan pekerjaan kasar jelas menolak, tapi demi istri dan anak-anaknya untuk tetap hidup diapun melakukan hal itu. Hingga dia bertemu dengan Gene, teman lamanya di perusahaan lama yang akhirnya memiliki solusi untuk keluar dari masalah yang mereka hadapi. Sebuah sikap optimis dari mereka untuk mengubah hidup.

Gue fikir film ini akan berakhir membosankan dengan plot yang membosankan pula. Ternyata tidak, dari awal sampai akhir drama yang dihadirkan mengalir begitu nyaman dinikmati. Sebuah realita kehidupan Amerika yang mungkin bagi kita yang diluar tak pernah bisa terbayangkan. Sebuah perjuangan dari seorang yang di PHK, tersungkur dan kemudian bangkit lagi. Film ini bisa juga disebut sebagai film motivasi bagi orang yang mengalami hal sama. Tak memperoleh pekerjaan atau di PHK. Sebuah film drama yang menarik dengan aktor-aktor papan atas dan peran yang baik. Salah satu drama yang patut ditonton untuk sebuah motivasi dalam hidup.

(57/2011)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s