[Movie] Biutiful (2010)

Title : Biutiful

Cast : Javier Bardem, Maricel Alvarez, Hanaa Bouchaib, Guillermo Estrella, Eduard Fernandez, Cheikh Ndiaye, Diaryatou Daff, Cheng Tai Shen, Luo Jin, Lang Sofia Lin

Director : Alejandro González Iñárritu

Rate :

Film ini adalah sebuah representasi dari seorang laki-laki yang mencoba bertahan hidup dari segala macam permasalahan yang melanda dalam hidupnya. Berpisah dengan sang istri, Uxbal (Javier Bardem) yang mendapatkan hak asuh anak-anaknya mencoba berbagai macam pekerjaan demi kelangsungan hidup yang layak. Dari menjadi seorang pembisik arwah sampai menjadi perpanjangan tangan antara polisi korup dan mafia pembuat barang-barang palsu. Ditambah lagi, Uxbal rupanya menderita kanker phase terakhir yang mengharuskan dirinya harus tetap berobat ke rumah sakit.


Satu saat, sang ayah wafat. Seseorang yang tidak pernah dia temui sepanjang hidupnya. Dia dan sang kakak, Tito (Eduard Fernández) akhirnya menemui jasadnya. Kemudian, Uxbal rupanya mengetahui bahwa istrinya, Marambra (Maricel Álvarez) sering tidur bersama Tito. Kekecewaan Uxbal terhadap istrinya makin bertambah setelah anak-anaknya, Anna (Hanaa Bouchaib) dan Mateo (Guillermo Estrella) sering ditelantarkan Marambra saat Uxbal menitipkan mereka. Phase kehidupan Uxbal terus berjalan, meski dia harus menjalani banyak halangan hidup.

2 Jam 48 Menit, untuk sebuah film drama pasti akan amat sangat membosankan. Ditambah lagi film ini adalah produksi Eropa yang mengandalkan kekuatan karakter. Namun, Biutiful menawarkan kemasan yang sedikit berbeda. Scene-scene perumahan kumuh di Barcelona malah menambah nilai plus film ini. Dimana kita sebagai penonton diperlihatkan sisi lain dari kecantikan Barcelona sebenarnya. Cerita sampingan dari Uxbal sendiri juga menarik. Menurut gue, Biutiful bukanlah drama biasa, namun drama sarat makna akan kehidupan. Bertahan untuk hidup dan menyenangkan orang lain.

Biutiful is a Beautiful Mess.

(69/2011)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s