[Movie] Of Gods and Men (2010)

Title : Of Gods and Men (Des Hommes Et Des Dieux)

Cast : Lambert Wilson, Michael Lonsdale, Olivier Rabourdin, Philippe Laudenbach, Jacques Herlin, Loïc Pichon, Xavier Maly, Jean-Marie Frin, Abdelhafid Metalsi, Sabrina Ouazani

Director : Xavier Beauvois

Rate :

Sekumpulan Pastor asal Perancis harus dihadapkan dalam situasi yang mencekam. Di Algeria, mereka yang sebenarnya sangat diterima oleh penduduk lokal yang mayoritas muslim, apalagi Pastor-pastor tersebut mempunyai misi suci, menyelamatkan nyawa penduduk lokal yang kekurangan dalam hal kesehatan. Penduduk lokal yang dikepalai oleh Hadji (Idriss Karimi), pemuka agama yang disegani masyarakat memang mengerti betapa Pastor-pastor ini dalam keadaan bahaya dengan adanya kaum muslim radikal yang semena-mena membunuhi warga non muslim bahkan muslim itu sendiri. Christian (Lambert Wilson), pemimpin pastorpun meminta rekan-rekannya memilih antara menetap di tempat tersebut atau kembali ke Perancis, apalagi pejabat kantor kedutaan sudah mereka kembali ke Perancis. Para Pastorpun memilih menetap dan mempercayai bahwa keadaan akan baik-baik saja.

Satu lagi film Perancis yang menonjolkan karakter kuat dan cerita non-mainstream yang bahkan mungkin bisa menimbulkan kontroversi. Gesekan perbedaan keyakinan yang tergambar di film ini sampai sangat jelas, kebencian kaum radikal dan betapa sengsaranya kaum minoritas. Disini bisa digambarkan bahwa bagaimana toleransi tidak bisa berjalan dengan baik. Satu hal yang bisa gue dapatkan di film Of Gods and Men ini adalah gue lebih bisa menghargai perbedaan, karena perbedaan adalah dasar dalam sebuah kebersamaan yang mengagumkan.

Di samping plot dan cerita yang sedikit pelan —dan berpotensi boring jika tak biasa menonton film jenis ini. Penggambaran pemandangan khas eropa dan khas film-film eropapun bisa disaksikan dan dinikmati disini. Dengan film yang kebanyakan “sunyi” dan minim dialog ini, scene-scene pemandangan menjadi nilai plus yang membuat film ini kuat secara sinematography. Endingnya? Marilah kita mempercayai apa yang kita percayai.

(83/2011)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s