[Movie] Jakarta Maghrib (2011)

Title : Jakarta Maghrib

Cast : Indra Birowo, Widi Mulia, Asrul Dahlan, Sjafrial Arifin, Lukman Sardi, Ringgo Agus Rahman, Deddy Mahendra Desta, Fanny Fabriana, Reza Rahadian, Adinia Wirasti

Director : Salman Aristo

Rate :

Lima cerita dalam satu bingkai waktu yang sama. Jelang Maghrib, suasana Jakarta di berbagai titik bertemu dalam satu tempat yang tak terduga. Dimulai dari Iman (Indra Birowo) yang punya keinginan sederhana, mencumbui Nur (Widi Mulia) sang istri, tak tercapai karena anak yang rewel dan mertua yang bawel. Cerita selanjutnya adalah Adzan, perenungan spiritual singkat seorang pemabuk dan muadzin. Kemudian, di sebuah kompleks menengah ke atas tersebutlah tetangga yang saling menyapa atas ketidaksengajaan menunggu Aki, tukang nasi goreng langganan mereka yang tak kunjung datang. Di sebelah lain, ada Ivan (Aldo Tansani), anak kecil bandel yang takut akan mitos maghrib di kalangan masyarakat Jawa. Lalu ada sepasang kekasih yang sedang dalam masa kritis hubungan karena faktor umur dan kesempatan menikah, ditutup dengan pertemuan karakter inti dari semua cerita dalam satu gang kecil di sudut Jakarta.

Dari kelima film pendek dalam antologi Jakarta Maghrib, cerita yang menurut gue menarik adalah Adzan dan Menunggu Aki, tingkat emosi di cerita itu lumayan baik ketimbang yang lain. Namun, semuanya menjadi sangat luar biasa dengan kualitas akting masing-masing aktor yang juara. Apalagi Salman Aristo tak luput memberikan kritik sosial bagi pemerintah dan masyarakat pada umumnya.

Jakarta Maghrib menjadi favorit gue selain Perempuan Punya Cerita yang memiliki kumpulan cerita kompleks namun tetap nyaman disaksikan, apalagi di film ini terdapat beragam genre di dalamnya. Kudos untuk Salman Aristo, film ini layak tonton.

(99/2011)

2 comments

  1. Andrio Prijaya · November 3, 2011

    Bukannya jakarta maghrib itu buatan 2010 ya?.. kok disitu dibuat 2011 ?

  2. Pingback: [Movie] Jakarta Hati (2012) « SO-CALLED REVIEWER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s