[Movie] Kentut (2011)

Title : Kentut

Cast : Dedi Mizwar, Ira Wibowo, Cok Simbara, Keke Soeryo, Iis Dahlia, Rahman Yakob, hengky Tornando, Anwar Fuady, Medina Kamil

Director : Aria Kusumadewa

Rate :

Pemilihan Bupati baru di Kabupaten Kuncup Mekar semakin dekat. Kedua kandidat yang berbeda kiblat saling mempengaruhi masyarakat terhadap pilihan mereka. Patiwa (Keke Soeryo), calon pertama yang santun dengan kampanye terkonsep lebih menyentuh sisi kehidupan dasar manusia, kebutuhan akan hidup. Sedangkan Jasmera (Deddy Mizwar), calon kedua yang bergaya hidup hedon dan mementingkan kesenangan semata. Namun, di antara mereka ada sebuah kebenaran dan kegetiran dalam menyikapi politik. Hingga sebuah kentut yang menyelamatkan mereka dari sebuah tragedi.

Dedy Mizwar kembali “menyentil” negara melalui permainan cerita politik yang tak kompleks namun mudah dipahami. Ada gimmick-gimmick yang diberikan di film ini dengan konsep simbol dan ekspresi para pemain. Bisa dibilang, Kentut adalah translasi dari panggung teater yang menjelma menjadi film berkapasitas seadanya. Memang, secara cerita gue akui Kentut mampu membangkitkan tawa getir tentang cerita satir politik negeri, namun secara visualisasi Kentut adalah film kedua Dedy Mizwar yang miskin shoot menarik dan menggugah setelah Ketika.

Jargon “Kesehatan lebih penting ketimbang Kesopanan” memang terikat kuat dari awal sampai akhir, drama yang baik dengan eksekusi yang kurang menarik.

(129/2011)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s