TV Series’s 2011 Year in Review

TV SERIES’S 2011 YEAR IN REVIEW

Penghujung tahun 2011 sudah tiba, saatnya gue merangkum tontonan Serial TV yang gue ikuti sepanjang tahun 2011. List berikut terdiri dari 2 bagian, yaitu Serial baru dan Serial lama. Adapun gue memberikan rekomendari tontonan bukan berarti serial-serial berikut ini nantinya harus ditonton karena bagus atau menarik. Paling tidak, di mata gue serial-serial berikut bagus dan menarik. Here we go!

11 SERIAL BARU TERBAIK 2011

1. 2 Broke Girls

Berkisah tentang Max (Kat Dennings), gadis yang mencoba bertahan dari kerasnya hidup di Amerika dengan bekerja menjadi pengasuh bayi dan pelayan cafe kecil dan Caroline (Beth Behrs), mantan gadis kaya yang mendadak bangkrut dan akhirnya menjadi pelayan cafe tersebut. Serial difokuskan di cafe tempat Max dan Caroline bekerja, bagaimana mereka bertahan hidup dengan gaji pas-pasan, kisah persahabatan mereka dan mereka menangani pelanggan-pelanggan cafe yang unik.

Personal Rating :

2. American Horror Story

The story is captivating, a wild side of Murphy. And for the record, i’m not into horror, but American Horror Story joining horror & thriller beautifully.

Ceritanya tentang sebuah rumah angker yang dihuni oleh banyak hantu karena tragedi yang memilukan sampai pembunuhan yang sadis. Vivien (Connie Britton), Ben (Dylan McDermott) dan Violet (Taissa Farmiga) adalah pemilik rumah angker tersebut, mereka tidak pernah tahu bahaya yang akan mereka hadapi. Cerita klasik rumah itu seperti bergulir kembali di hadapan mereka. Vibe horror yang mencekam dan cerita yang thrilling membuat serial ini memang pantas masuk nominasi Golden Globe 2012 nanti.

Personal Rating :
3. Homeland

Carrie (Claire Danes) memandang Brody (Damian Lewis) sebagai orang yang bisa membahayakan negara. Sedangkan rakyat Amerika kebanyakan malah memberi label Brody sebagai pahlawan karena dia berhasil lolos dari Iraq setelah 8 tahun disekap sejak 9/11. Kisah thriller drama ala 24 ini disajikan dengan ketegangan yang meningkat setiap episodenya. Twist dan plot yang bagus. Sesekali muncul umpatan dari bibir gue saat menonton serial ini.

Personal Rating :
4. New Girl

Putus dari kekasihnya dan merasa mengganggu teman satu apartmentnya, Jess (Zooey Deschanel) memutuskan untuk pindah apartment. Pencarian berakhir pada sebuah apartment dimana di dalamnya ada 3 pria Nick (Jake M. Johnson), Schmidt (Max Greenfield) dan Winston (Lamorne Morris). Kehidupan Jess tak se-mellow dulu lagi karena 3 sahabat barunya itu mampu menghibur hati Jess.

Zoeey D mencoba mempotretkan dirinya sama seperti dia mempotretkan karakternya di (500) Days of Summer, hanya saja lebih menggemaskan. Komedi yang lucu dan cast yang baik.

Personal Rating :
5. Once Upon a Time

Untuk yang menyukai kisah klasik dan dongeng ternama, Once Upon a Time adalah tontonan yang sesuai. Ada banyak karakter klasik disini yang dipadukan dengan kehidupan modern. Episode pilotnya menarik dan akan semakin seru tiap episodenya.

Ada karakter Snow White, Prince Charming sampai Rumplestiltskin.

Personal Rating :
6. Person of Interest

Jonathan Nolan (penulis skrip The Dark Knight) dan J.J. Abrams berkolaborasi dan membuat serial action-thriller yang beda. Ada “nafas” Batman di film ini dan ada thriller LOST dikreasikan di sini. Person of Interest jelas tak main-main dalam bercerita dan menghadirkan kualitas action-thriller murni.

John Reese (Jim Caviezel) dan Harold Finch (Michael Emerson) adalah dua orang yang sebelumnya tak saling kenal kemudian bersatu melawan kejahatan sebelum terjadi, dengan peralatan canggih milik Finch dan kehebatan Reese mereka menyelamatkan warga dari ketakutan.

Personal Rating :
7. Revenge

Amanda Clarke (Emily VanCamp) akhirnya bisa tinggal di kawasan megah, Hamptons. Kedatangan dia ke kompleks perumahan orang kaya itu bukan berarti apa-apa. Tapi ada dendam tersendiri yang dia pendam bertahun-tahun. Kini dia kembali dan mencoba berbaur dengan kehidupan orang-orang kaya nan munafik. Tujuan dendamnya diselimuti oleh intrik keluarga, persahabatan dan percintaan.

Ceritanya sinetron banget, tapi eksekusinya dengan elegan. Membuat serial drama yang satu ini langsung masuk jadi serial baru favorit gue. Apalagi gue emang udah menyukai Emily sejak dia bermain di Brother & Sisters.

Personal Rating :
8. Shameless

Meet The Gallaghers! Keluarga disfungsi yang gila, urakan, seenaknya sendiri, gak tau malu, vulgar namun tetap bisa bersatu dan hidup sebagai keluarga (kurang) bahagia.

Adalah Fiona (Emmy Rossum), kakak tertua sekaligus ibu dari keluarga itu. Setelah Ibu kandung mereka kabur karena tak tahan dengan kelakuan Frank (William H. Macy) sang ayah, merekapun harus bertahan hidup dari kerasnya hidup. Apapun mereka lakukan demi bertahan. Serial ini juga menyingung pemerintah Amerika tentang kesejahteraan warga Amerika yang kurang mampu. Meskipun sebenarnya serial ini adaptasi dari Serial UK.

Personal Rating :
9. Suburgatory

Tessa (Jane Levy) harus pindah dari kota besar ke perumahan yang membosankan. Itu karena sang ayah, George (Jeremy Sisto) ingin menghabiskan waktunya bersama Tessa. Kehidupan suburban yang kurang menarik bagi Tessa, teman-teman barunya yang juga membosankan membuat Tessa merasa asing di tempat barunya.

Serial ini mengingatkan gue akan “Easy A”, apalagi akting Jane Levy ini mirip Emma Stone, tapi meskipun hampir mirip, serial komedi ini cukup menarik untuk disimak.

Personal Rating :
10. Terra Nova

Tahun 2149, beberapa tahun setelah kehancuran bumi. Sebuah koloni bernama Terra Nova yang merupakan kumpulan manusia-manusia yang tersisa mencoba membangun peradaban dunia baru, mereka kembali ke jaman Prehistorik namun dengan peralatan yang sudah modern.

Spielberg cukup produktif di TV di tahun 2011 ini. Falling Skies (yang sayang sekali buruk) dan Terra Nova adalah buktinya. Secara ide pasti akan ada pembanding dengan James Cameron’s Avatar. Namun bagi gue akan terasa bedanya karena disini tak ada manusia biru. Dramanya bagus dan efeknya lumayan bagus.

Personal Rating :
11. Wilfred

Bagaimana kalo ada manusia bisa berbicara dengan anjing? sementara dia sendiri merasa aneh dan tak percaya? Itu terjadi pada Ryan (Elijah Wood), setelah gagal bunuh diri karena tekanan hidupnya diapun mulai bisa berkomunikasi dengan Wilfred (Jason Gann), anjing binal milik tetangganya Jenna (Fiona Gubelmann). Serial ini menceritakan segala perjalanan lucu, menarik, mengharukan, absurd dari Ryan dan Wilfred dalam menjalani kehidupan aneh mereka.

Adaptasi dari Serial Australia ini menawarkan dark comedy yang tak biasa.

Personal Rating :

11 SERIAL TERBAIK 2011

1. Brothers & Sisters

Kisah keluarga The Walkers sayangnya harus berakhir di Season 5. Padahal bagi gue 1 Season lagi agar bisa menjelaskan beberapa pertanyaan yang masih menggantung.

Serial drama keluarga ini memang membius gue, gue lebih paham tentang keluarga dan bagaimana menerima perbedaan dari masing-masing anggota keluarga.

So Long The Walkers! I already miss all of you!

Personal Rating :
2. Chuck

Meskipun beberapa kali sempat diisukan akan dicancel, tapi Chuck dan kawan-kawan membuktikan bahwa mereka masih tangguh dan masih layak untuk diceritakan. Tahun ini (2011/2012) adalah tahun terakhir mereka untuk beraksi. Setelah Chuck (Zachary Levi) resmi menjadi agen bersama Sarah (Yvonne Strahovski) sang kekasih, mereka melanjutkan aksi-aksi melawan komplotan penjahat negara.
Makin seru dengan twist di ending season 4. Saat ini Season 5 sudah mulai bergulir

Personal Rating :
3. Covert Affairs

Annie Walker (Piper Perabo) kembali beraksi. Di Season terbarunya kasus yang diterima Annie makin kompleks. Apalagi ditambah persoalan pribadinya dengan sang kakak dan rekan sekerjanya. Piper Perabo mampu membuat karakter Annie menjadi karakter paling dilematis di Serial TV. Ekspresi Piper saat tegang dan kalut membuktikan bahwa dia layak menjadi nominasi Golden Globes 2011 lalu.
Serial ini sudah resmi diperpanjang ke Season 3 tahun 2012 nanti.

Personal Rating :
4. Dexter

Dengan tambahan 2 Season lagi (Finale Season akan ditayangkan di 2013). Dexter kembali dengan kasus yang lebih kelam dan lebih kontroversial. Di Season 6 ini Dexter (Michael C. Hall) berhadapan dengan Travis Marshall (Colin Hanks), seorang penjaga museum yang terjebak oleh keyakinannya sendiri atas agama, kitab suci dan kehancuran dunia.
Bagi gue pribadi Season 6 ini adalah Season terbaik kedua setelah Season 1. Lebih mencekam apalagi dengan tema yang sensitive seperti ini.

Personal Rating :
5. Entourage

Final Season, semuanya berakhir meski manis tapi terlihat terburu-buru. Tapi tenang saja 2012 mereka sudah mempersiapkan Entourage : The Movie.
Kehidupan Vincent Chase (Adrian Grenier) kembali bergulir setelah dia sembuh dari kecanduan narkotika. Dia menata kembali hidupnya bersama Drama (Kevin Dillon), Turtle (Jerry Ferrara) dan E (Kevin Connolly). Masih ada Ari Gold (Jeremy Piven), agent yang cekatan dan pada akhirnya harus memilih antara istri atau pekerjaannya.

Personal Rating :
6. Fringe

Dengan kompleksitas dua dunia yang berbeda Fringe menjadi tontonan yang semakin menarik dan membuat penasaran. Dramanya makin baik, Thrillernyapun meningkat. Kualitas aktor-aktrisnya membaik setara dengan ceritanya.
Proyeksi Serialnya sih info yang pernah gue baca hanya akan sampai di Season 5. Which is, tahun depan seharusnya final season. Tapi who knows? semua bisa berubah.

Personal Rating :
7. Hawaii Five-O

Five-O kembali beraksi di musim keduanya. Setelah di ending season 1-nya semua terasa “berantakan” mereka mulai menata kantor dan reputasi mereka di hadapan warga Hawaii.
Serial remake ini bisa jadi menjadi remake terbaik yang pernah ada. Dengan cerita yang disesuaikan dengan zaman dan joke-joke yang pas meski ini adalah serial action menambah kenyamanan menonton serial ini. Plus, gambar-gambar indah dari pantai-pantai dan pemandangan Hawaii menjadi nilai tambah tersendiri.

Personal Rating :
8. How to Make It in America

Ben (Bryan Greenberg) dan Cam (Victor Rasuk) mulai lagi menjalankan bisnisnya. Setelah sukses dengan kaos design mereka yang menembus pasar Jepang di akhir Season 1. Season 2 ini mereka mulai memikirkan kembali untuk membuat jeans, cita-cita mereka sejak awal. Namun tetap saja halangan selalu ada bagi mereka. Mengorbankan persahabatan dan percintaan adalah salah satunya.
Sayang sekali, Season 2 rupanya menjadi season terakhir bagi mereka. Padahal endingnya sangat pantas untuk diteruskan ke Season 3.

Personal Rating :
9. Modern Family

Siapa yang tak menyukai keluarga-keluarga lucu dan menggemaskan di Modern Family? Kekocakan mereka adalah kekocakan murni ala keluarga. Intensitas komedinya meningkat dan membaik. Apalagi di Episode Halloween di Season 2. Itu adalah episode komedi terbaik sepanjang 2010 lalu. Sangat amat lucu.
Tonton saja dan rasakan kehangatan keluarga ala Modern Family.

Personal Rating :
10. The Walking Dead

The Walking Dead adalah serial zombie pertama yang gue ikuti dan gue langsung suka. Drama dan Thrilllernya berkolaborasi dengan apik. Apalagi dengan scene-scene yang baik dan gambar yang menawan.
Kengerian yang diberikan oleh sutradara dan penulisnyapun juga sangat baik. Cerita di Season 2 lebih menjurus ke drama dan kemunculan Zombie-nyapun meski sudah berkurang tapi tetap ada peran besar disitu.

Personal Rating :
11. White Collar

Neal (Matt Bomer) dan Peter (Tim DeKay) kembali beraksi melawan penjahat kerah putih. Pete adalah anggota FBI dan Neal adalah mantan penjahat yang diberikan kesempatan menjadi analisis di FBI. Tapi, mau seberubah apapun Neal dia masih menyimpan sebuah rahasia besar bersama Mozzie (Willie Garson), rekannya. Diam-diam Neal sudah merencanakan sesuatu dan harus mengelabuhi Peter.
Cerita dan Aksinya menawan, plot twistnya juga bagus. One of my favorite show!

Personal Rating :

Itulah ke-22 Serial yang di Tahun 2011 ini menjanjikan. Semoga di 2012 akan jauh lebih menarik!.

Terima Kasih untuk impawards.com (posternya) dan imdb.com (untuk infonya).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s