[Movie] The Flowers of War (2011)

Title : The Flowers of War/Jin líng shí san chai (original title) | Year : 2011 | Genre : Drama, History | Cast : Christian Bale, Paul Schneider, Xinyi Zhang, Ni Ni, Shigeo Kobayashi, Tianyuang Huang | Director : Yimou Zhang | Rate :

Tersebutlah kisah kumpulan gadis-gadis Gereja di China pada masa pendudukan Jepang. Shujuan Meng (Xinyi Zhang), salah satu di antaranya harus mengalami kejadian tragis saat beberapa teman terdekatnya menjadi korban kebiadaban Jepang. Dia bertemu dengan seorang yang akan menguburkan Pastor Western Church tempat dimana Meng tinggal bersama teman-teman sekumpulannya, John Miller (Christian Bale –The Dark Knight, Batman Begins). Miller sendiri adalah seorang Amerika yang hanya datang karena diutus oleh negaranya, Miller yang punya perangai menyebalkan sedikit menyulitkan George (Tianyuan Huang) pengasuh Gereja itu. Dalam situasi yang sebegitu genting, mereka malah kedatangan wanita-wanita penghibur agar diselamatkan di Gereja tersebut karena Gereja itu adalah kawasan terlarang bagi tentara Jepang karena milik Amerika. Para gadis suci, wanita-wanita prostitusi, orang Amerika yang mengambil kesempatan dalam kesempitan dan pengasuh Gereja harus bersatu menghadapi Jepang dan ketengangan antar mereka sendiri.

The Flowers of War adalah film memilukan, banyak scene-scene yang membuat gue bergetar saking menyentuh. Beberapa bagian film ini benar-benar sadis, bahkan terlewat sadis untuk film drama. Dengan rentetan cerita yang baik dan grafis yang memukau gue gak nyangka bahwa gue betah nonton film berdurasi hampir 2.5 jam ini.

Film ini seolah-olah memberikan pesan bahwa apapun perbedaan dosa dari tiap manusia, jika memang mereka layak dipertahankan demi sebuah kehidupan maka lakukan hal terbaik untuk mempertahankan itu. Menyedihkan, memilukan dan menegangkan dari awal hingga akhir. [03/2012]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s