[Movie] The Girl with the Dragon Tattoo (2011)

Title : The Girl with the Dragon Tattoo | Year : 2011 | Genre : Crime, Drama, Mystery| Cast : Daniel Craig, Rooney Mara, Stellan Skarsgård, Christopher Plummer, Steven Berkoff, Joely Richardson  | Director : David Fincher| Rate :

Henrik Vanger (Christopher Plummer –Beginners, UP) seorang pengusaha sukses memutuskan untuk membuat buku tentang dirinya. Jurnalis yang dia tunjuk adalah Mikael Blomkvist (Daniel Craig –The Adventures of Tintin, Cowboys & Aliens), wartawan politik yang sudah terkenal reputasinya dan netralitasnya. Henrik juga meminta Mikael untuk menyusun rangkaian puzzle yang 40 tahun terpecah, misteri kematian Harriet Vanger (Moa Garpendal) keponakannya yang sangat dia sayangi dan Henrik mecurigai bahwa pelakunya ada di keluarga Vanger sendiri. Maka, dengan keterbatasan informasi Mikaelpun memberanikan diri mengorek masa lalu keluarga Vanger, meminta bantuan Lisbeth Salander (Rooney Mara –The Social Network), gadis aneh yang bekerja sebagai hacker dan memiliki masa lalu kelam. Mereka berdua harus berhadapan dengan Martin Vanger (Stellan Skarsgård –Angels & Demons, Thor), kakak Harriet yang mengetahui semua yang terjadi 40 tahun lalu.

Versi originalnya pernah gue review di sini. Setelah tahu bahwa The Girl with the Dragon Tattoo akan diremake oleh Hollywood ekspektasi gue biasa saja, namun setelah tahu pula bahwa David Fincher akan menyutradarai maka naiklah ekspektasi gue.

Hasilnya? Dua-duanya sama-sama bagus dalam eksekusi per plot dan ceritanya dan dua-duanya punya kekuatan masing-masing. Dengan komplikasi cerita dan kasus, film berdurasi 2,5 jam ini dirasa sangat cukup untuk menjabarkan semuanya. Tak ada beda dengan film aslinya, hanya mengganti cast-castnya saja. Rooney Mara menunjukkan performa briliant-nya di film ini meski agak kecewa dengan potrait Mikael versi Daniel Craig, di versi aslinya Michael Nyqvist menghadirkan karakter Mikael yang lebih light dan humble, sedangkan Craig lebih ke dark dan bengis.

Apart Daniel Craig factor. this movie was thrilling and captivating, even the original was better. [20/2012]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s