[Movie] Dilema (2012)

Title : Dilema | Year : 2012 | Genre :  Drama, Family| Cast : Abimana, Reza Rahadian, Ario Bayu, Baim Wong, Jajang C Noor, Slamet Rahardjo, Winky Wiryawan, Tio Pakusadewo, Roy Marten, Pevita Pierce, Wulan Guritno, Ray Sahetapy, Verdi Solaiman, Lukman Sardi| Director : Adilla Dimitri, Robert Ronny, Robby Ertanto Soediskam, Rinaldy Puspoyo | Rate :

Inilah kisah dari kumpulan orang-orang di Jakarta yang bergantung pada satu nama. Semua kejadian akan tertuju pada orang yang sama dan masalah yang sama, Uang dan kekuasaan. Adalah Sonny Wibisono (Roy Marten –Mengejar Mas Mas), laki-laki mantan preman yang kemudian menjadi satu-satunya orang yang bisa menentukan hidup dan mati bagi Sigit (Slamet Rahardjo –Alangkah Lucunya Negeri Ini, Laskar Pelangi), Ario (Ario Bayu –Catatan Harian si Boy, Kala), Bowo (Tio Pakusadewo –Kala, Identitas), Gilang (Ray Sahetapy), Ibnu (Baim Wong), Said (Winky Wiryawan –Badai Pasti Berlalu, Sehidup Tak Semati), Adrian (Reza Rahadian –Emak Ingin Naik Haji, Hari Untuk Amanda) dan Dian (Pevita Pierce –Denias, Senangdung di Atas Awan).

Menggabungkan beberapa kisah menjadi satu jalinan film bukanlah hal yang mudah, meski bertabur bintang sekalipun jika eksekusinya lemah hasilnya malah lebih buruk. Dilema membawa omnibus menjadi menarik dari awal, klimaks hingga ending. Meski di antara itu masih ada kelemahan namun masih bisa ditolerir.

Dengan kumpulan banyak bintang besar tak membuat Dilema keteteran, semua bintang bermain sesuai porsinya, tak ada yang menonjol. Hanya saja Pevita bermain peran yang tak diduga, menjadi satu-satunya karakter yang paling mengejutkan. Secara keseluruhan, Dilema adalah film dengan kekuatan drama yang baik dan pace yang dijaga dengan baik pula. Bagian terbaik dari film ini adalah eksekusi ending yang luar biasa bagus. Gue harus akui bahwa inilah film omnibus ala Indonesia terbaik setelah Jakarta Maghrib.

Tuhan tak perlu dibela.[33/2012]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s