[Movie] Margin Call (2011)

Title : Margin Call | Year : 2011 | Genre :  Drama, Thriller | Cast : Kevin Spacey, Paul Bettany, Zachary Quinto, Penn Badgley, Jermy Irons, Stanley Tucci, Demi Moore, Marry McDonnell, Simon Baker, Aasif Mandvi, Ashley Williams | Director : J.C. Chandor| Rate :

Dalam sebuah kondisi resesi ekonomi dunia, sebuah firma terpaksa merumahkan 85% karyawannya di bagian Risk Management, termasuk Eric Dale (Stanley Tucci –Captain America : The First Avengers, Julie & Julia), pria yang sudah 18 tahun bekerja di perusahaan trading itu. Eric yang sedang menyelidiki fraud yang terjadi di dalam tubuh perusahaan terpaksa menyerahkan hasil kerjanya ke Peter Sullivan (Zachary Quinto –Star Trek, Heroes, American Horror Story), juniornya di kantor. Disitulah Peter mulai merasakan ada hal yang ganjil yang sedang terjadi di perusahaan yang dipimpin oleh John Tuld (Jeremy Irons –The Borgias, Pink Phanter 2). Dia bersama rekannya Seth Bregman (Penn Badgley –Easy A, Gossip Girl) dan managernya, Will Emerson (Paul Bettany -The Da Vinci Code, Legion) mau tak mau masuk dalam sebuah situasi yang rumit dan harus berhadapan dengan Sam Rogers (Kevin Spacey –21, se7en), atasan langsung Will yang akhirnya menuju pada tingkat yang lebih tinggi. Konspirasi ekonomi sedang terjadi di firma itu.

Jika ingin membandingkan dengan film yang bergenre dan berlatar belakang yang sama, Margin Call akan mau tak mau disejajarkan dengan Wall Street. Drama yang menyangkut masalah ekonomi, bursa efek dan konspirasi di dalamnya. Untung saja, Margin Call punya kisah tersendiri yang lebih kuat dan ditambah karakter-karakter di film ini yang juga kuat, semuanya membaur harmonis dengan pace thriller yang cukup baik.

Film dengan taburan bintang bisa saja menjadi mubazir jika sang aktor hanya numpang lewat. J.C  Chandor mencoba memanfaatkan benar aktor-aktor besar ini untuk memandu penonton membawakan cerita yang sebenarnya cukup rumit dipahami oleh penonton awam macam gue. Lihat saja jajaran castnya, paling tidak gue suka dengan akting Kevin Spacey dan Paul Bettany di setiap filmnya. Mungkin dari semua aktor yang masih terasa sedikit kurang adalah Penn Badgley, maklum sosok Dan dalam Gossip Girl ini benar-benar nempel pada dirinya dan sulit untuk dilepas. [42/2012]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s