[Movie] Mata Tertutup (2012)

Title : Mata Tertutup | Year : 2012 | Genre :  Drama, Remaja | Cast : Jajang C Noer, M Dinu Imansyah, Eka Nusa Pertiwi, Andryani Isna, Rijal Maj, Yoga Bagus Satatagama, Tri Sasongko, Dyah Arum, Ign Wahono, Kedung Darma R, Taslim Idrus, Nanang Rakhmat Hidayat, Yesi Yoane, Kukuh Riyadi | Director : Garin Nugroho | Rate :

Asimah (Jajang C Noer –Dilema, Arisan! 2) menantikan kabar anaknya Aini yang mendadak hilang dari rumahnya disaat dia sedang dalam kondisi yang tak baik, sang suami kabur meninggalkan mereka. Ada rumor bahwa Aini mungkin diculik oleh komplotan organisasi Islam garis keras, NII atau Negara Islam Indonesia. Dalam pencarian dirinya, Rima (Eka Nusa Pertiwi) akhirnya menjatuhkan pilihannya pada NII, organisasi terlarang yang mulai merasuk dalam dirinya dan hidupnya. Tujuan Rima sebenarnya baik, ingin memuliakan perempuan untuk merasa sederajat dengan laki-laki. Pemuda bernama Jabir (M Dinu Imansyah) terpaksa keluar dari pondok pesantren bersama temannya yang beraksen Tegal kental, mereka berdua kemudian berbohong kepada orang tua Jabir karena Jabir tahu betapa kecewanya sang Ibu jika Jabir mangkir sekolah, hingga dia menentukan takdirnya bersama kelompok fundamentalis Islam garis keras. Tujuannya mulia, mencari surga bagi dirinya dan Ibunya.


Garin Nugroho bukan sedang menghakimi atau menuduh siapa yang salah, tapi dia memberikan gambaran nyata bahwa ini terjadi di negara kita. Gue seperti menahan nafas sesaat karena ikutan merasa tercekat dengan realita bahwa semua yang terjadi di Mata Tertutup memang terjadi tepat di mata kita, di sekitar kita.

Pemeran Rima dan pemuda beraksen Tegal definitely scene stealer. I think they going to be an amazing actors. Karakter yang mereka ciptakan seolah-olah milik mereka dan mengeksekusikannya dengan sangat baik. Dan siapa sih yang meragukan atau menyangkal bahwa setiap Jajang C Noor berakting selalu bisa menghidupkan film. Satu lagi, scoring Mata Tertutup adalah scoring yang luar biasa, ngena di setiap scene. Ini adalah film Indonesia kedua yang menurut gue sangat baik di sisi scoring setelah film Pemberontakan G30S. Haunting. Selamat untuk Dwiki Dharmawan.

Garin Nugroho tahu betul memanfaatkan aktor-aktornya dan kru-krunya untuk bekerja maksimal dengan hasil yang maksimal pula.[46/2012]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s