[Movie] Habemus Papam/We Have a Pope (2011)

Title : Habemus Papam/We Have a Pope | Year : 2011 | Genre :  Drama | Cast : Michel Picolli, Jerzy Stuhr, Renato Scarpa, Franco Graziosi, Camillo Milli, Roberto Nobile, Ulrich von Dobschütz, Gianluca Gobbi  | Director : Nanni Moretti| Rate :

Meninggalnya Pope menjadi perhatian seluruh umat Kristiani di dunia, pemilihan Pope baru segera digelar. Mungkin bagi sebagian orang para Cardinal yang menjadi nominator Pope adalah orang yang paling beruntung karena salah satu dari mereka akan menjadi pemimpin agama terbesar di dunia. Tapi, bagi para Cardinal itulah saat-saat yang mendebarkan dan tak menyenangkan, terbesit dalam fikiran mereka untuk menolak jabatan itu. Tak terkecuali Cardinal Melville (Michel Piccoli), dia bukanlah yang dijagokan untuk menjadi Pope, tapi kemudian dialah yang terpilih. Melville menjadi Pope baru, dalam hatinya dia berontak kemudian mengasingkan diri, mencari siapa dia sebenarnya. Seorang Pope atau aktor teater.


Film dengan tema Vatican dan Pope sudah menjadi point tersendiri buat gue untuk gue ikuti. Habemus Papam adalah film Eropa yang mengisahkan kehidupan Pope baru dari sudut lain, meski hanya sebuah fiksi namun gue merasa bahwa intensitas dan suasana pemilihan Pope di dalam Vatican sendiri digambarkan dengan cukup baik di sini.

Hey, kita tak pernah tahu bahwa sebenarnya para Cardinal ini mungkin saja keberatan jika salah satu dari mereka menjadi Pope. Dan sosok Melville yang kemudian muncul, lalu diceritakanlah tentang Melville dan segala sisi kehidupan di luar Vatican. Menariknya adalah, penonton ditarik masuk ke dalam Vatican mempelajari bagaimana Pope bekerja dan kepatuhan para Camerlengo dan Cardinal kepada Pope. Sebuah film drama yang terstruktur baik meski membosankan.[60/2012]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s