[Movie] Modus Anomali (2012)

Title : Modus Anomali | Year : 2012 | Genre :  Horror, Thriller | Cast : Rio Dewanto, Hannah Al Rashid, Aridh Tritama, Izzi Isman, Sadha Triyudha, Jose Gamo, Marsha Timothy, Surya Saputra | Director : Joko Anwar| Rate :

Cobalah untuk terbuka dengan film-film Joko Anwar, begitu gue selalu berpesan pada diri sendiri jika menyaksikan film besutan sutradara yang sudah memproduksi paling tidak 4 judul film. Modus Anomali disebut-sebut sebagai trilogi terakhir dari rangkaian film-film Joko sebelumnya, Kala dan Pintu Terlarang. Beberapa bulan sebelum Modus Anomali rilis, hype film ini jelas terbukti besar apalagi nama Joko memang sering disebut sebagai film maker handal yang berani mengangkat tema yang tak biasa.


Film berdurasi kurang lebih 90 menit ini menceritakan sosok John Evans (Rio Dewanto –Arisan!2, Tanda Tanya), laki-laki yang mencoba mencari keluarganya di hutan pinus. Tanpa diberi clue apapun, dia memutari pohon pinus sampai menemukan sebuah rumah kecil di tengah-tengah hutan itu. Di situlah satu persatu kebenaran terungkap. Siapa dia? Mengapa dia? dan Bagaimana dia?.

Bagi penonton yang belum sempat menyaksikan Kala ataupun Pintu Terlarang, mungkin akan bertanya-tanya maksud dari film ini. Bahkan bisa saja menyebut film ini aneh seperti obrolan dua orang yang adai tepat di belakang gue saat menonton di bioskop. Bagi gue pribadi, Joko Anwar seperti ngasih tingkatan gimana penonton harus berfikir dan memahami tentang film-filmya. Seperti sedang memainkan game puzzle, Kala itu ibarat bermain di level beginner, kemudian jika sudah memahami betul cerita Kala maka Joko menyajikan Pintu Terlarang atau game puzzle level advance. Dan sampai pada Modus Anomali, ini ada;ah game puzzle level super-advance.

Modus Anomali itu filmnya ribet. Sekarang tinggal gimana cara yang nonton saja untuk ngertiin apa maksud Joko Anwar men-design cerita itu. Tapi menurut gue kalau orang yang udah nonton Kala dan Pintu Terlarang harusnya udah tau kok maksud dari Modus Anomali itu.

Film ini kompleksitas ceritanya luar biasa ditambah visualisasi yang lebih baik Kali ini Joko melemahkan karakter utama dan pendukung film. Tidak ada satupun karakter yang menonjol apalagi bermain baik, semuanya sama saja. Namun, tingkatan ketegangannya lebih tinggi ketimbang dua film sebelumnya. Thrilling.[69/2012]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s