[Movie] Lovely Man (2012)

Title : Lovely Man | Year : 2012 | Genre :  Drama | Cast : Donny Damara, Raihaanun | Director : Teddy Soeriaatmadja| Rate :

Teddy Soeriaatmadja mencoba hal baru : mengurangi keindahan scene dan menambahkan keindahan cerita. Sejak Banyu Biru muncul gue percaya bahwa Teddy akan konsisten membawakan filmnya menjadi film yang indah secara gambar. Terbukti, setelah itu muncul Ruang dan remake Badai Pasti Berlalu yang sama indahnya. Meskipun kemudian sempat “terjatuh” saat dia membuat Namaku Dick yang totally mengecewakan. Lovely Man adalah film keenam penyutradaraannya dan bisa gue bilang inilah fase Teddy mencoba sesuatu yang jarang dibuat oleh sineas Indonesia. Memadukan konflik sosial dan keluarga secara dekat bahkan menyentuh.


Bercerita tentang Cahaya (Raihaanun –Badai Pasti Berlalu, Heartbreak.com), gadis 19 tahun yang mendadak ingin bertemu dengan sang ayah yang sudah 15 tahun menghilang dari kehidupannya. Jelas, Cahaya menaruh harapan tinggi terhadap sang ayah. Di Jakarta, Cahaya tak mudah mencari sang ayah hingga dia menemukannya. Sosok yang seharusnya menjadi panutan dirinya bertolak belakang dengan realita. Ayahnya seorang banci. Syaiful atau Ipuy (Donny Damara –Minggu Pagi di Victoria Park), ayah Cahaya mencoba menata kembali hatinya untuk sang anak. 15 Tahun jelas bukan waktu yang singkat, tapi pertemuan singkat mereka seolah-olah merangkum 15 tahun yang terlewat.

Donny Damara memperlihatkan karakter transeksual dan memainkan perannya dengan sangat baik, tak heran bahwa dia diganjar penghargaan Best Actor di Festival Film Asia Pasifik beberapa waktu lalu. Bahkan, Raihaanun yang cenderung monoton di film-film dia sebelumnya di film ini dia bermain lugas dan punya passion sebagai seorang anak yang haus kasih sayang sang ayah.

Sebuah karya yang indah dari Teddy Soeriaatmadja, meski kurang memanjakan mata tapi Teddy berhasil membuat film dengan sentuhan hati.[72/2012]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s