[Movie] Di Timur Matahari (2012)

Title : Di Timur Matahari | Year : 2012 | Genre :  Drama, Musical | CastPutri Nere, Simson Sikoway, Abetnego Yogibalom, Laura Basuki, Lukman Sardi, Ririn Ekawati, Ringgo Agus Rahman, Michael Jakarimilena| Director : Ari Sihasale| Rate :

Pedesaan yang damai di belantara Papua, kumpulan orang-orang pribumi masih menjaga adat dan kebiasaan mereka setiap hari. Arus teknologi tak membuat mereka membuka mata bahwa perubahan harusnya terjadi. Tiom, nama desa itu. Mazmur (Simson Sikoway) salah satu anak desa itu masih percaya semangat kebersamaan bisa dilakukan melalui nyanyian syahdu yang mampu mendamaikan dua desa berseteru akibat dari kelalaian kecil sang ayah. Paman Mazmur, Alex adalah yang paling keras hati sedangkan Michael (Michael Jakarimilena), paman yang lain jauh lebih modern karena tinggal di Jawa dan beristrikan Vina (Laura Basuki –3 Hati 2 Dunia 1 Cinta, Gara-Gara Bola), seorang Cina yang ketakutan saat pertama kali menginjak kakinya di tanah Papua. Ada juga Pendeta Samuel (Lukman Sardi –Sang Pencerah, Laskar Pelangi) yang menjadi jembatan bagi masing-masing karakter.


5 tahun 9 bulan bukan waktu yang sebentar, saya tinggal di Jayapura selama itu. Melihat, menilik dan memahami masalah Papua yang sebenarnya simple tapi terlihat rumit karena gesekan kepentingan adat dan modernisasi zaman. Apa yang disajikan oleh Ari Sihasale tidaklah salah, bahkan sampai detail dari film ini tentang Papua bisa dikatakan hampir 100% akurat.

Namun, sayang sekali dengan keakuratan tersebut malah seolah-olah menambah beban plot yang diberikan. Banyaknya plot dan tidak fokus kepada satu masalah adalah salah satu kekurangan film ini. Padahal, Denias Senandung Di Atas Awan adalah masterpiece bagi Alenia Pictures. Boleh saja Ari Sihasale menjual habis-habisan tentang Papua selama memang baik dan layak untuk dipertontonkan, 2 film tentang Papua membuktikan itu termasuk film ini.

Singkat kata, Di Timur Matahari bukanlah karya Ari Sihasale yang baik secara plot, cerita maupun eksekusi namun ada baiknya kita mengambil pelajaran yang diberikan dari film ini. Kesejahteraan adalah inti dari segala problem yang terjadi di Papua. Saya merasa marah, gelisah dan trenyuh melihat gambaran nyata Papua, tapi ikut tersenyum dikala aktor-aktor cilik Papua ini bermain lumayan baik.[79/2012]

6 comments

  1. Anonymous · July 2, 2012

    bgus banget mau nonton ah bsk di bioskop,oya kapan ditayangin ke tv?

  2. christyasa cimplukcimocyla · July 2, 2012

    bgus banget mau nonton ah bsk di bioskop,oya kapan ditayangin ke tv?

  3. christyasa cimplukcimocyla · July 2, 2012

    bagussss banget ya xayaknya,kpn ditayangin di tv

  4. christyasa cimplukcimocyla · July 2, 2012

    q mau donk kalau jadi bintang filmnya hehehehehehe

  5. Rizal Hamim M · September 6, 2012

    “5 tahun 9 bulan”😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s