[Movie] Ambilkan Bulan (2012)

Title : Ambilkan Bulan | Year : 2012 | Genre :  Musical, Kids, Animation, Drama | Cast: Lana Nitibaskara, Landung Simatupang, Hemas Nata Negari, Bramantyo Suryo Kusumo, Jhosua Ivan Kurniawan, Berlianda Adelianan Naafi |  Director : Ifa Isfansyah| Rate :

Persahabatan Amelia (Lana Nitibaskara) dan Ambar (Berlianda Adelianan Naafi) rupanya seperti takdir, bahwa mereka adalah saudara sepupu yang terpisah karena sebuah alasan masa lalu dari Ibu Amelia, Ratna (Astri Nurdin –Merah Putih) dan sang kakek (Adrian Simon). Amelia sosok gadis yang merindukan suasana pedesaan dan langit bertabur bintang hanya bisa menikmati itu lewat foto dan cerita seru di facebook Ambar. Liburan sekolah tiba, Amelia akhirnya memilih berlibur ke desanya ketimbang ikut sang ibu ke Bali. Petualangan Amelia-Ambar dimulai di desa itu, bersama Pandu (Hemas Nata Negari), Kuncung (Bramantyo Suryo Kusumo) dan Hendra (Jhosua Ivan Kurniawan) mereka memecahkan misteri di desa Sentanu, menemukan sosok Mbah Gondrong (Landung Simatupang) sebenarnya.


Ambilkan Bulan adalah repertoar panjang dari lagu-lagu A.T Mahmud yang sederhana dan bersahaja. Anak-anak Indonesia jaman sekarang patut diberikan pengetahuan lagi tentang bagaimana indahnya lirik sederhana A.T Mahmud dengan goresan modern yang kental. Ifa Isfanyah berhasil membawa film ini ke level yang baik dan menyenangkan. Tambah satu lagi sutradata favorit saya.

Masalah di sisi cerita dan eksekusi bisa ditutupi dengan penataan musik dan visual efek yang luar biasa bagus. Tapi kemudian kita diingatkan lagi, bahwa ini adalah film anak-anak yang mungkin cerita dan plot bukanlah sesuatu yang begitu penting. Dasar-dasar film anak sudah benar ditanam Ifa di setiap scene film ini. Jajaran cast yang tidak terlalu ramai dengan bintang besar dan meski sekali lagi, di department ini juga tidak terlalu baik. Ada beberapa aktor/aktris cilik yang bermain biasa saja. Namun, apresiasi terbaik diberikan kepada Bramantyo Suryo Kusumo yang sangat berhasil memerankan peran Kuncung yang lucu dan ceplas-ceplos.

Overall, Ambilkan Bulan adalah film anak-anak yang menyenangkan dan saya pribadi seperti kembali ke masa-masa dimana lagu-lagu anak yang tercipta dengan indah dan sederhana. Kami merindukan karya Pak A.T Mahmud.[81/2012]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s