[Movie] The Amazing Spider-Man (2012)

Title : The Amazing Spider-Man | Year : 2012 | Genre :  Action, Adventure, Fantasy | Cast: Andrew Garfield, Emma Stone, Rhys Ifans, Denis Leary, Martin Sheen, Sally Field, Irrfan Khan, Campbell Scoot, Chris Zylka, Embeth Davidtz, Max Charles |  Director : Marc Webb| Rate :

Richard Parker (Campbell Scott) meninggalkan misteri yang kemudian membuat penasaran Peter Parker (Andrew Garfield –The Social Network, Never Let Me Go). Dia memutuskan untuk bertemu dengan Dr. Curt Connors (Rhys Ifans –Neverland, Harry Potter and the Deathly Hallows Part I) demi memecahkan misteri itu bersama. Di sisi lain, Peter menjalin hubungan dengan Gwen Stacy (Emma Stone –Easy A, The Help) teman sekolahnya yang cerdas. Dalam kunjungan tak sengaja ke laboratorium Oscorp Peter kemudian digigit oleh laba-laba yang membuat dia berubah menjadi Spider-Man. Sang paman, Ben Parker (Martin Sheen) tertembak oleh perampok jalanan tanpa sengaja membuat Peter harus berbuat sesuatu untuk menegakkan keadilan yang tak terjamah polisi sekaligus harus berhadapan dengan Lizard Man yang tak lain adalah Dr. Curt sendiri. Di kejar oleh kepolisian New York di bawah pimpinan Captain Stacy (Denis Leary –Ice Age) Spider-Man harus juga menyelamatkan kota dari Lizard Man.


Penonton pastinya mau tak mau akan membandingkan antara Tobey Maguire dan Andrew Garfield, layak atau tidak layak Garfield mampu memberikan warna baru dari apa yang telah dilakukan Tobey di 3 film Spider-Man sebelumnya. Bagi saya, Garfield berhasil membangun karakter Spider-Man lebih muda dan bergaya. Mungkin karena timeline The Amazing Spider-Man adalah saat Peter di bangku sekolah maka pilihan saya jelas Garfield adalah aktor yang tepat memerankan Spider-Man. Entah nanti di sekuel yang rencananya akan dirilis 2014, Garfield bisa mengembangkan karakter Peter menjadi lebih dewasa dan mungkin lebih serius saat menjadi wartawan.

The Amazing Spider-Man membuktikan bahwa film superhero bisa jadi lebih dinamis dan atraktif di dialog. Marc Webb seperti membawa nafas (500) Days of Summer di film ini, dialog cepat, chemistry luar biasa. Ya, Emma Stone dan Andrew Garfield mampu membawa scene-scene Peter-Gwen menjadi scene yang menarik dan menyenangkan. Tapi tidak salah, karena dengan acuan komik dan game film ini sudah memenuhi syarat adaptasi buku ke film.

Lalu mengapa saya memberi 3.5 bintang? Bukannya filmnya menarik? Iya, filmnya menarik bahkan lebih baik ketimbang 3 film sebelumnya. Namun, ada hal yang tak bisa dijelaskan di sini bahwa film ini bisa lebih baik dari yang sekarang. Faktor misteri mungkin.[88/2012]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s