[Movie] Project X (2012)

Title : Project X | Year : 2012 | Genre :  Comedy | Cast: Oliver Cooper, Thomas Mann, Jonathan Daniel Brown, Dax Flame, Kirby Bliss Banton, Brady Hender, Nick Nerveis, Alexis Knapp, Miles Teller  |  Director : Nima Nourizadeh| Rate :

Menjadi seorang pecundang dan tak dikenal di sekolahnya, Costa (Oliver Cooper), Thomas (Thomas Mann –It’s Kind of a Funny Story) dan J.B (Jonathan Daniel Brown) mengadakan pesta ulang tahun Thomas di rumahnya. Mereka yakin bahwa dengan pesta yang liar maka mereka akan menjadi populer di sekolahnya. Hari pesta tiba, awalnya mereka ragu tak ada satupun yang muncul padahal waktu sudah mulai larut. Kemudian kekhawatiran mereka terbayar, tak hanya puluhan orang tapi ratusan orang mendatangi rumah Thomas. Pesta resmi dilaksanakan, minuman keras dimana-mana, gadis-gadis cantik yang berani telanjang bertebaran dan mereka bertiga tampak puas. Makin larut pesta makin menggila, Thomas mulai cemas. Costa dan J.B memastikan tidak ada yang terganggu. Namun, para tetangga Thomas mulai jengah dengan pesta itu. Pesta semakin liar dan berujung pada sebuah headline di TV lokal. Kekacauan akibat minuman keras membawa Thomas ke dalam dua hal : Siap dihukum orang tuanya dan menjadi populer di sekolahnya.


Awalnya, berdasarkan judul. Saya fikir film ini adalah film mengenai science fiction apalagi cast-castnya adalah anak-anak muda yang nerd-look. Dan sempat tertipu dengan judul itu akhirnya mencoba menurunkan ekspektasi seperti biasa. Dan Project X adalah film mockumentary yang menarik, sangat menarik. Bagaimana tiga orang remaja Amerika yang butuh identitasnya di tengah-tengah sekolah dan realita ini terus berjalan saat ini bahkan bukan hanya di Amerika.

Pencarian identitas diri tiga remaja melalui pesta liar kemudian akhirnya mereka berhasil membawa pesta itu menuju kekacauan yang memprihatinkan. Memang, film ini bahkan bisa dibilang tidak memiliki plot jelas, maunya apa dan akhirnya akan bagaimana. Namun, itulah mockumentary mengalir tanpa beban cerita dan kemudian menjadi tontonan yang mengasyikan. Film ini membuat Jersey Shore tampak seperti serial murahan —yah sebenarnya juga sudah murahan.[89/2012]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s