[Movie] Perahu Kertas: Part I (2012)

Title : Perahu Kertas | Year : 2012 | Genre : Drama, Romance | Cast: Fauzan Smith, Sylvia Fully R, Maudy Ayunda, Adipati Dolken, Reza Rahadian, Dion Wiyoko, Elyzia Mulachela, Kimberly Ryder, Tio Pakusadewo, Dewi ‘Dee’ Lestari, Ira Wibowo, Agus Melazt |  Director : Hanung Bramantyo| Rate :

[Perhatian : Mungkin dari beberapa bagian di review ini mengandung spoiler]

Seperti biasa, saat membaca buku/novel saya mau tidak mau harus mem-fantasi-kan karakter-karakter dalam buku/novel tersebut dalam sosok yang menurut saya pribadi tepat memerankannya. Sama saat saya membaca Perahu Kertas beberapa tahun silam, meski sampai detik sebelum menonton filmnya saya benar-benar lupa bagaimana cerita Perahu Kertas itu. Ini bisa meringankan saya untuk tidak terbebani dengan ekspektasi yang sudah saya bangun saat membaca bukunya. Hasilnya? Tidak terlalu buruk.


Ya, Dewi ‘Dee’ Lestari mencoba mengimplementasikan bukunya ke dalam sebuah film yang manis meski beberapa scene terlihat membosankan. Penggambaran karakter yang dengan amat disayangkan tidak sesuai dengan ekspektasi saya sendiri membuat film ini kurang menarik di mata saya terutama di bagian cast. Bukan akting mereka yang jelek namun menurut saya masih belum pas memerankan karakter-karakter dalam buku. Contoh saja Maudy Ayunda yang memerankan Kugy, akting remaja ini bagus bahkan ada beberapa scene yang seperti mengingatkan saya saat pemunculan pertama Dian Sastrowardoyo 10 tahun lalu.

Mungkin Perahu Kertas terselamatkan atas akting-akting mereka yang baik, beberapa scene yang cukup manis dan joke-joke Eko dan Noni yang ngena serta soundtrack yang brilliant. Perahu Kertas mungkin akan terlihat lebih baik jika tidak ada pemenggalan menjadi dua bagian, susah memang jika harus memenuhi keinginan pembaca yang ingin menonton atau penonton yang belum/akan membaca Perahu Kertas, tapi inilah hasil maksimal Hanung dan teamnya.

Perahu Kertas maybe not the best movie this year, but surely the soundtrack was the best I ever heard of this year. Tak terlalu menunggu bagian kedua, namun berharap di bagian kedua menjadi jauh lebih indah dan lebih manis.[105/2012]

Leave a Reply

