[Movie] Rumah di Seribu Ombak (2012)

Title : Rumah di Seribu Ombak | Year : 2012 | Genre : Drama| Cast: Risjad Aden, Riman Jayadi, Andiana Suri, Dedey Rusma, Bianca Oleen, Andre Julian, Jerinx SID, Lukman Sardi, Tania Grace |  Director : Erwin Arnada| Rate :

[Perhatian : Mungkin dari beberapa bagian di review ini mengandung spoiler]

Sebuah desa kecil bernama Kaliasem, sebuah pedasaan terpencil di Bali. Masyarakatnya hidup berdampingan meski berbeda agama. Samihi (Risjad Aden), anak muslim yang hanya tinggal bersama sang ayah dan adiknya, Syamimi (Bianca Oleen) berusaha menjaga amanat sang Ibu bahwa dia tak boleh menyentuh laut. Saat subuh di bulan Ramadhan dia diganggu oleh dua anak seumurannya, diselamatkan oleh Wayan Manik (Dedey Rusma), anak Hindu yang putus sekolah. Dari kejadian itulah hubungan persahabatan Mihi dan Yanik dimulai.

Mihi dan Yanik mencoba membangun pertemanan atas dasar perbedaan agama dan toleransi. Saat Yanik sembahyang, Mihi menemaninya begitu pula sebaliknya. Di sinilah tercipta bagaimana seharusnya bangsa ini berjalan, toleransi, saling menghargai satu sama lain. Sepanjang film ini memang tersirat pesan yang baik.

Rumah di Seribu Ombak dibangun dari premise yang bagus namun menjadi sangat biasa setelah dieksekusi dengan script yang berantakan. Loncat dari satu cerita ke cerita lain yang sayangnya tak begitu mulus. Mungkin baru kali ini saya melihat akting anak kecil di Film Indonesia yang terlalu biasa dengan emosi yang datar. Apalagi saat metamorfosis Yanik dari anak-anak ke remaja yang menurut saya salah casting. Beda dengan Yanik anak-anak yang masih lumayan baik.

Lalu apa bagian terbaik dari film ini? Ending dan gambarnya. Ending yang indah dan gambar yang memukau serta memanjakan mata. Dua hal ini mungkin yang menyelamatkan saya dari kebosanan menonton film ini. Ditambah lagi ada satu masalah di film ini yang seolah-olah terselesaikan begitu saja tanpa penonton tahu bagaimana akhirnya, padahal ini juga bagian penting dari film ini (mungkin akan spoiler jika saya bahas).

Tuhan akan melindungi orang-orang yang berdoa.[107/2012]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s