[TV Series] Revolution (2012)

Title : Revolution

Network : NBC

Premiere Date : September, 17.

Cats : Billy Burke, Tracy Spiridakos, Anna Lise Phillips, Graham Rogers, J. D. Pardo, Zak Orth, Maria Howell, David Lyons, Giancarlo Esposito, Tim Guinee, Andrea Roth

Crew : Erik Kripke (Creator), Jon Favreau (Director), J.J. Abrams (Executive Producer)

Pilot Rate :

Revolution dilabeli oleh para penggemar dan kritikus TV seluruh dunia sebagai The Most Anticipate Series this Fall memang sudah begitu membawa beban berat atas ekspektasi yang berlebihan. Dan untuk memuaskan hal tersebut pihak rumah produksi memutuskan untuk memutarkan pre-air pilot Revolution jauh-jauh hari. Mungkin istilahnya sebagai pemancing keingin tahuan penonton.

Scene dibuka oleh sebuah keluarga dengan rutinitasnya, kemudian masuklah sang ayah tergopoh-gopoh membawa box besar dari kantornya lalu meminta sang istri untuk segera mempersiapkan segala hal yang akan mereka hadapi, paling tidak sang ayah sudah tahu apa yang akan terjadi. Benar, selang beberapa lama saat Benjamin Matheson, sang ayah menelepon kakaknya Miles Matheson dan memperingatkan bahwa buruk yang sudah mereka prediksikan sebelumnya terjadi. Pemadaman di seluruh kota dan listrik mendadak tak berfungsi untuk selamanya.

Lima belas tahun berikutnya, Amerika tanpa listrik hidup manusia tetap berjalan. Pemerintahan runtuh digantikah oleh kelompok Militia dan rakyat biasa. Satu nama yang menjadi incaran Jendral besar pimpinan Militia yaitu Benjamin Matheson, orang yang paling tahu apa yang sebenarnya terjadi pada dunia lima belas tahun lalu saat listrik mendadak hilang di peradaban.

Berjejer nama besar di bagian kru serial ini membuat ekspektasi tinggi itu muncul. Lihat saja, Erik Kripke yang sukses membawa Supernatural di tahun kedelapannya tahun ini lalu ada J.J. Abrams meski dia tak bersentuhan langsung dengan produksinya namun campur tangan dia di setiap serial Sci Fi selalu dinantikan. Dan ada Sutradara Iron Man, Jon Favreau yang juga menjadi sutradara untuk episode pilot.

Bagi saya, pilot Revolution tidak ada yang terlalu istimewa kecuali memang cerita yang berdasarkan novel karya S.M. Stirling ini sudah begitu baik dengan eksekusi yang baik pula. Meski lack of excitement, saya masih bisa menikmati pilot episodenya dari awal hingga akhir tanpa ada kebosanan dan lagi-lagi bagi saya itu sudah cukup membuat saya yakin bahwa serial ini punya masa depan yang baik jika di episode-episode mendatang Erik Kripke mampu berbuat lebih dari pilotnya.

Dan Revolution bagi saya seperti gabungan serial LOST, Falling Skies, The Walking Dead dan The Cape -Well, The Cape karena ada David Lyons ikut bermain dengan gaya yang hampir sama.

Give Revolution a chance, NBC!. I still believe in Kripke and Abrams. Period.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s