[TV Series] Elementary (2012)

Title : Elementary

Network : CBS

Premiere Date : September, 27.

Cats : Jonny Lee Miller, Lucy Liu, Aidan Quinn

Creator : Robert Doherty, Rob Doherty

Pilot Rate :


Kesuksesan Sherlock milik BBC UK yang mendunia mungkin membuat Amerika gatal ingin membuat versi mereka sendiri. Maka latahpun terjadi, dengan dipaksakan maka munculah Elementary, bentukan/reboot/remake atau apapun itu istilahnya dari serial Sherlock. Dan secara tidak langsung, mau tak mau juga sebagai penonton saya harus membandingkan kedua serial itu. Saya pribadi adalah penikmat BBC’s Sherlock tapi bukan fans fanatik.

Kesalahan pertama Elementary adalah penentuan Watson menjadi sosok wanita. Gampang saja mengganti John menjadi Joan. Mungkin bagi kreatornya ini adalah langkah awal agar tak disamakan dengan BBC’s Sherlock. Kemudian kesalahan keduanya adalah memilih Lucy Liu sebagai Joan Watson, aktris yang entah mengapa tak punya ekspresi apapun saat akting. Well, Kristen Stewart boleh berbangga dia memiliki teman.

Sepuluh menit pertama Elementary adalah acceptance, saya dipaksa untuk menerima kenyataan bahwa Watson adalah perempuan tapi meski begitu untung saja terselamatkan dengan akting Jonny Lee Miller sebagai Sherlock yang cukup baik. Kemudian, deduksi Sherlock mulai sedikit menarik. Perlu saya akui, bagian terbaik dari pilot ini adalah menit ke-20 sampai menit ke-30. Intensitas thriller dan kapasitas deduksi Sherlock ada di titik terbaik dan bisa sedikit setara dengan BBC’s Sherlock, sedikit saja.

Tujuh belas menit terakhir adalah cobaan. Intensitas thriller menurun malah cenderung membosankan. Elementary malah menjadi serial detektif/crime/drama Amerika kebanyakan. Saya sendiri akan memberikan serial ini kesempatan di episode 2 dan 3-nya. Kalau eksekusi episode selanjutnya sama atau bahkan di bawah pilot episodenya maka akan sangat dipastikan serial ini tak bisa saya lanjutkan. Meski berjejer nama besar di dunia pertelevisian.

Jadi, kalau anda adalah fans fanatik BBC’s Sherlock maka disarankan untuk tidak mengikuti serial ini karena banyak kesalahan yang dibuat oleh kreatornya dan malah akan menambah tingkat emosi pada diri anda, serial yang anda sukai menjadi rusak pada versi Amerika ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s