[Movie] Rayya : Cahaya Di Atas Cahaya (2012)

Title : Rayya : Cahaya Di Atas Cahaya| Year : 2012 | Genre : Drama| Cast: Titi Sjuman, Tio Pakusadewo, Christine Hakim, Alex Abbad, Verdi Soleman, Richard Oh, Lila Azizah, Rico Marpaung, Masayu Anastasia  |  Director : Viva Westi| Rate :

[Perhatian : Mungkin dari beberapa bagian di review ini mengandung spoiler]

Jika ada orang yang mampu mengendalikan orang lain dan memaksa melakukan apapun yang diperintahkan maka orang itu adalah Rayya (Titi Sjuman –Mereka Bilang Saya Monyet, Minggu Pagi di Victoria Park). Aktris berbakat Indonesia yang gemerlap di luar tapi serasa busuk di dalam hatinya. Dalam perjalanan ke sebuah tempat yang tak pernah tentu, dia dan Arya (Tio Pakusadewo –Perahu Kertas, republiktwitter) berbagi cerita bersama, khayal bersama bahkan sakit bersama. Arya, Photografer gaek yang terpaksa menggantikan Kemal (Alex Abbad –Merantau, Pencarian Terakhir), photografer sebelumnya yang tak kuat menahan emosi Rayya. Kemudian timbul pertalian kuat Rayya dan Arya yang membawa mereka dalam bilik-bilik kenangan yang telah mereka lalui, kemudian muncul dan terbinasakan oleh waktu. Perjalanan itu menjadi titik balik Rayya dan Arya.

Bagi anda pecinta sastra atau lebih khususnya bagi anda pecinta kalimat-kalimat penuh putisi yang pernah dilontarkan oleh Emha Ainun Najib maka Rayya adalah film yang saya rekomendasikan untuk disimak. Saya pribadi adalah penikmat sastra puisi, dan menonton Rayya : Cahaya Di Atas Cahaya seperti membaca puisi melalui dialog dan ekspresi Titi Sjuman dan Tio Pakusadewo. Memang, chemistry Titi dan Tio tak terlalu terikat namun jika ada dua aktor Indonesia yang mampu membawakan karakter Rayya dan Arya secara baik memang merekalah yang pantas terpilih.

Dari penggambaran scene yang menawan dengan tautan dialog yang puitis serta memiliki simbol, Rayya menjadi film drama paling indah tahun ini. Memang pada awalnya Titi Sjuman terasa memaksakan diri untuk menjadi puitis, namun sejalan dengan scene dia berubah menjadi aktris kelas A yang memang sudah berpengalaman dalam hal ini.

Film yang tak mungkin dilewatkan, mengingat film jenis ini akan sangat cepat hilang dari bioskop.[120/2012]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s