[Movie] Atambua 39 Derajat Celsius (2012)

Title : Atambua 39 Derajat Celsius| Year : 2012 | Genre : Drama | Cast: Gudino Soares, Petrus Beyleto, Putri Moruk | Director : Riri RizaRate :

[Perhatian : Mungkin dari beberapa bagian di review ini mengandung spoiler]

Mira Lesmana dan Riri Riza mulai menjamah Indonesia Timur. Jika biasanya kita tahu betul bahwa tema-tema Indonesia Timur (hampir) pasti adalah garapan Alinea Production kini Miles tak mau kalah. Eksplorasi Indonesia Timur memang tak bisa dibilang mudah, para sineas harus tahu betul bahwa eksploirasi itu bisa menimbulkan dua hal : Memandang Indonesia Timur sebagai surga atas keindahan alam atau dinamika sosial masyarakat itu sendiri. Atambua 39 Derajat Celsius sendiri adalah gambaran tentang sosok Joao (Gudino Soares), anak muda Atambua yang hidup dalam kebimbangan. Bimbang atas keluarganya dan bimbang atas pilihan hatinya.

Joao hidup di strata sosial yang tak begitu miskin tapi juga bukan anak orang kaya. Ronaldo Bautista (Petrus Beyleto) sang ayah bukan panutan baginya. Hidup sederhana dan melakukan kegiatan rutin yang membosankan Joao menemukan kembali hidupnya setelah Nikia (Putri Moruk) gadis pujaannya kembali ke Atambua. Dari situ Joao kembali sedikit demi sedikit menata hidupnya, mengembalikan apa arti hidunya yang selama ini hampa.

Atambua 39 Derajat Celsius bukan hanya film tentang Joao namun sebuah film tentang romantisme dua remaja dalam kondisi yang terombang ambing oleh kesejahteraan dan kemapanan. Bagi saya film ini terkemas dengan baik dan drama yang disajikan mendekati realitas. Meski begitu, 30 menit pertama berpotensi membuat film ini membosankan untung saja lepas 30 menit intrik mulai terasa dan ditutup dengan ending yang manis.

Memang bukan produksi film terbaik dari Miles namun yang pati Atambua 39 Derajat Celsius sudah berani mengutarakan kegelisahan pemuda, ayah dan wanita Atambua akan tanah airnya dan kekasihnya secara tepat dan rapih.

Tak ada satu negara atau bangsa manapun yang bisa mengubah asal-usul kita.[139/2012]

2 comments

  1. Pingback: Indonesian Movies’s 2012: Year in Review « SO-CALLED REVIEWER
  2. Anonymous · August 1, 2013

    dmna mw dapet link full movie nya? mksh..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s