[Movie] Jakarta Hati (2012)

Title : Jakarta Hati| Year : 2012 | Genre : Drama | Cast: Slamet Rahardjo, Andhika Pratama, Roy Marten, Dwi Sasono, Agni Pratistha, Dion Wiyoko, Shahnaz Haque, Framly Nainggolan, Surya Saputra, Asmirandah | Director : Salman AristoRate :

[Perhatian : Mungkin dari beberapa bagian di review ini mengandung spoiler]

Salman Aristo kembali menyutradarai sekaligus menulis cerita dalam sebuah omnibus yang berisi 6 cerita tentang carut marutnya manusia-manusia Jakarta yang masih memiliki hati. Jakarta Hati terdiri dari cerita pendek ‘Orang Lain’, ‘Masih Ada’, ‘Kabar Baik’, ‘Hadiah’, ‘Dalam Gelap’ dan ditutup oleh ‘Darling Fatimah’. Dengan satu benang merah yang sama, Salman ingin membuktikan bahwa Jakarta masih punya hati dan manusia-manusianya masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki diri mereka sendiri.

Dalam ‘Orang Lain’, chemistry Surya Saputra (Malaikat Juga Tahu, Arisan! 2) dan Asmirandah (Ketika Cinta Bertasbih) adalah bagian terbaik. Slamet Rahardjo (Badai Pasti Berlalu, Dilema: The Movie) menunjukkan ekspresi kegelisahannya dalam ‘Masih Ada’ dengan tepat. Yang mengejutkan adalah sosok Andhika Pratama (Butterfly, Negeri 5 Menara)  dalam ‘Kabar Baik’, untuk tipikal aktor macam Andhika bisa menantang dirinya menjadi polisi adalah sebuah keputusan yang cukup baik.

Dari semua cerita ‘Hadiah’ adalah cerita terbaik omnibus ini. Dibuat dengan hati dan dimainkan dengan hati oleh Dwi Sasono (Sampai Ujung Dunia, Mendadak Dangdut). ‘Dalam Gelap’ dan ‘Darling Fatimah’ lebih menekankan ke cerita meski penokohannya cenderung biasa.

Jika boleh membandingkan dengan karya Salman sebelumnya Jakarta Maghrib, Jakarta Hati jelas tak lebih baik dari omnibus pertamanya. Jika Jakarta Maghrib bagi saya well scripted dengan gabungan cerita yang lebih padat dan fokus tidak bagi Jakarta Hati yang cenderung ada moment yang hilang karena terlalu banyak ‘pause’ dan dialog yang jarang (mungkin agar tampak seperti euro-movie-ish). Meskipun begitu secara keseluruhan Jakarta Hati masih dalam katagori film yang enak disimak dan menarik dengan tema cerita beragam.[140/2012]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s